Langsung ke konten utama

9 Tips Untuk Persiapan Pernikahan Yang Harus Anda Ketahui

Pernikahan merupakan acara yang sangat sakral bagi seseorang dalam hidupnya. Sehingga tidak aneh kalau orang yang akan menikah akan mempersiapkan segala sesuatunya supaya acara pernikahannya nanti bisa berjalan lancar. Berikut 9 tips persiapan pernikahan yang harus anda ketahui :

1. Diskusikan Dengan Keluarga

Pada saat anda memutuskan akan segera menikah, maka sebaiknya anda segera mendiskusikan niat tersebut dengan keluarga. Dalam hal ini tidak ada salahnya anda untuk berkata jujur soal anggaran yang anda beserta pasangan miliki. Dengan begitu siapa tahu ada yang bisa membantu untuk mencari solusinya, misalnya ada salah anggota keluarga anda yang memiliki kenalan seorang fotografer, pembuat kartu undangan, katering, dan lain sebagainya. Yang semua itu tentunya bisa memudahkan dan menghemat budget anda.

2. Buat Daftar Harga Dan Anggaran Biaya

Dalam hal ini anda bisa membuat daftar harga dan anggaran biaya supaya anda bisa lebih fleksibel dalam memilih barang apa saja yang dibutuhkan untuk keperluan pernikahan nanti. Tentunya anda juga tidak boleh memaksakan diri untuk membeli barang-barang yang sifatnya hanya sebagai pelengkap.

3. Tentukan Lokasi Pernikahan

Jika anda akan melangsungkan acara pernikahannya di rumah, tentunya anda bisa menghemat biaya untuk sewa gedung. Akan tetapi jika anda akan mengadakan acara pernikahan di gedung, supaya tidak boros dan menghemat biaya maka sebaiknya anda memilih gedung yang sesuai dengan kapasitas jumlah undangan.

4. Tentukan Jumlah Undangan

Dalam hal ini anda harus memikirkan orang-orang yang diharapkan untuk hadir di pesta pernikahan anda nanti. Karena jika anda hanya akan mengundang keluarga serta sahabat-sahabat dekat saja, katering bisa dilakukan sendiri atau melibatkan keluarga dan para sahabat dekat.

5. Lakukan Acara Prosesi Pernikahan Dalam Satu Hari Saja

Sebaiknya anda melakukan acara prosesi pernikahan dalam satu hari saja. Dimana anda bisa melakukan akida nikah dan resepsi pernikahan pada jam yang berurutan supaya bisa menghemat waktu dan biaya.

6. Pilih Persiapan Pernikahan Dalam Bentuk Paket

Pada saat anda akan menyewa gedung, biasanya mereka akan menawarkan berbagai paket sewa yang anda bisa pilih. Untuk itu sebaiknya anda memilih paket sewa yang sudah mencakup photo, dekorasi, katering, hiburan, bahu pengganti, tata rias, dan lain sebagainya. Dengan begitu anda bisa menghemat waktu, karena semuanya sudah tertangani.

7. Libatkan Semua Keluarga Dan Sahabat Dekat

Untuk memeriahkan acara pernikahan, maka anda bisa meminta keluarga dan sahabat dekat untuk bernyanyi pada saat acara resepsi pernikahan digelar. Hal ini dilakukan, selain supaya lebih akrab, juga bisa menghemat biaya anda untuk pengisi acara.

8. Buat Kartu Undangan Yang Unik Dan Menarik

Dalam hal ini sebaiknya anda dan pasangan untuk meluangkan waktu jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan untuk membuat kartu undangan yang unik dan menarik. Misalnya, anda bisa menyebarkan undangan dengan memanfaatkan media sosial, dan lain sebagainya.

9. Buat Souvenir Yang Unik

Sama halnya dengan undangan, anda juga bisa membuat sendiri souvenir yang unik. Untuk membuat souvenir tersebut, anda bisa mencarinya di internet.

Itulah 9 tips persiapan pernikahan, semoga informasi ini ada manfaatnya terutama bagi anda yang akan melangsungkan pernikahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

Inilah Manfaat Cek Darah Lengkap

6 Tips Merawat Tanaman Di Luar Ruangan

Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Perlu anda
ketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar
ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di luar ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman
di dalam ruangan : 1. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Air yang CukupDalam merawat tanaman di luar ruangan seperti di taman atau halaman,tentunya anda akan sangat tergantung
pada elemen-elemen alami dan kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman tersebut. Maka dari itu, jumlah
penyiraman tanaman akan tergantung pada cuaca serta kondisi tanah di lingkungan anda tinggal. Biasanya
penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, baik secara manual maupun menggunakan sprinkler
(alat penyiram otomatis).
2. Pangkas Rumput Liar Yang Ada Di Area Tanaman Secara TeraturSeperti yang sudah diketahui bahwa rumput liar itu bisa berkembang biak dengan cepat serta bisa merusak
keindah…