Langsung ke konten utama

Berikut Ini Tata Cara Mandi Junub Yang Harus Anda Ketahui



Sebagaimana yang diketahui bahwa kalau setiap umat Islam akan melakukan sholat wajib 5 waktu, maupun sholat sunnat seperti, sholat qobliyah dan ba’diyah, sholat Tahajud, sholat Duha, dan lain sebagainya. 

Tentunya orang tersebut diwajibkan dalam keadaan suci. Suci disini maksudnya adalah terbebas dari hadats kecil maupun besar. Untuk hadats kecil bisa disucikan dengan cara berwudhu, sedangkan hadats besar diwajibkan untuk melakukan mandi junub atau mandi wajib.

Pada saat melakukan mandi junub tentunya ada doa dan tata cara yang harus dilakukan supaya mandi junubnya sempurna.

Adapun beberapa sebab yang membuat orang tersebut harus melakukan mandi junub adalah sebagai berikut:


  1.  Jika keluarnya mani pada kaum pria, baik itu disengaja maupun tidak disengaja seperti mimpi melakukan hubungan sex.
  2. Bertemunya dua kelamin antara wanita dan pria walaupun tidak keluar air mani.
  3. Saat berhentinya darah haid dan nifas bagi kaum wanita. Dimana haid ini yang dikenal dengan menstruasi atau datang bulan merupakan keluarnya cairan merah mirip darah secara berkala pada kemaluan wanita. Hal ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik LH-Prgesteron atau FSH-Estrogen. Pada saat haid, wanita tersebut dilarang untuk melakukan sholat, berpuasa, dan berhubungan sex. Sedangkan nifas adalah keluarnya darah dari rahim seorang wanita pasca melahirkan. Biasanya darah nifas ini keluar selama kurang lebih 40 hari setelah melahirkan. Sama dengan haid, pada saat nifas wanita tersebut tidak boleh melakukan sholat, puasa, dan berhubungan sex.
  4. Saat orang non muslim masuk Islam (muallaf).
  5. Karena kematian.

Lalu bagaimana tata cara mandi junub itu? Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasannya.


  1. Pertama diawali dengan niat untuk menghilangkan hadats besar.
  2. Lalu membersihkan kedua telapak tangan sebanyak 3x, lalu bercebok dengan membersihkan kemaluan dan kotoran yang ada di sekitarnya sampai bersih dengan menggunakan tangan kiri.
  3. Kemudian cuci tangan setelah membersihkan kemaluan hingga bersih (bisa menggunakan sabun).
  4. Melakukan niat wudhu, dan lakukan tata cara wudhu biasa seperti untuk melakukan sholat secara sempurna.
  5. Setelah itu guyur atau siram kepala dengan air sebanyak 3 kali sampai ke pangkal rambut.
  6. Lalu mencuci serta membersihkan kepala bagian kanan yang dilanjutkan dengan kepala bagian kiri.
  7. Menyela-nyela rambut dengan menggunakan jari.
  8. Kemudian mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sebelah kanan yang dilanjutkan dengan sebelah kiri.
  9. Lalu bersihkan area badan yang sulit dijangkau.
Itulah tata cara mandi junub atau jinabat yang disyariatkan, semoga informasi ini bisa menambah keilmuan tentang agama, terutama masalah mandi junub.

Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Blogkokom.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata