Langsung ke konten utama

6 Manfaat Baik Air Kelapa Hijau Bagi Tubuh


BlogKokom.com - Orang Indonesia yang ingin merasakan manfaat air kelapa hijau sangatlah beruntung. Karena selain mudah dicari tetapi buah tropis ini juga ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Air kelapa hijau tidak hanya menyegarkan dan lezat rasanya saja, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang pastinya manfaatnya dapat berdampak baik pada tubuh. 

Berikut di bawah ini 6 manfaat baik air kelapa hijau bagi tubuh, di antaranya yaitu: 

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah


Adanya sebuah penelitian yang memperlihatkan tikus bisa menjaga kestabilan kadar gula darahnya, setelah hewan tersebut mendapat asupan air kelapa hijau. Dengan kandungan serat 3 gram dan karbohidrat 6 gram dalam setiap cangkirnya (240 ml), air kelapa hijau bisa dimasukkan kedalam menu makanan bagi orang orang yang menderita diabetes. Air kelapa hijau juga bisa menjadi sumber magnesium yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin serta menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.


  1. Mencegah Batu Ginjal


Meski air mineral selalu menjadi pilihan paling tepat untuk mencegah batu ginjal, tetapi adanya sebuah penelitian yang berkata lain. Air kelapa hijau disebut sebut bermanfaat dalam “mengemban tugas” yang jauh lebih baik lagi untuk mencegah batu ginjal daripada air mineral. Yang perlu diketahui bahwa terbentuknya batu ginjal saat kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bergabung membentuk Kristal didalam air seni. Setelah itu kristal tersebut bisa berubah menjadi batu. 

Adanya penelitian pada tikus yang menderita batu ginjal membuktikan bahwa air kelapa hijau ini bisa membantu mencegah Kristal yang menempel pada ginjal. Para peneliti percaya jika air kelapa hijau tersebut bisa membantu mengurangi produksi radikal bebas yang muncul, karena kadar oksalat yang tinggi dalam air seni.


  1. Membantu Rehidrasi


Air kelapa hijau dipercaya bisa membantu rehidrasi karena dilengkapi kalsium, kalium, magnesium, natrium, serta fosfor. Daripada minum minuman berenergi yang mengandung gula tinggi, alangkah baiknya minum air kelapa hijau setelah berolahraga. Pasalnya air kelapa hijau ini selain rendah kolesterol dan gula, tetapi juga mampu melepaskan dahaga. 


  1. Sumber Nutrisi


Air kelapa hijau yang terbentuk didalam tempurungnya secara alami, dan mengandung air 94 % dan sedikit lemak. Dalam 1 cangkirnya atau sekitar 240 ml bisa mengandung berbagai nutrisi penting. Jika air kelapa hijau ini dikonsumsi dengan baik maka bisa membantu memenuhi kebutuhan mineral, yang kemungkinannya sulit didapatkan dari makanan lainnya.


  1. Mencegah Penyakit Jantung


Air kelapa hijau juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung, pasalnya kandungan yang ada didalamnya mampu memulihkan kembali kondisi sindrom metabolik. Ciri ciri dari sindrom metabolik ini seperti meningkatnya tekanan darah, gula darah, trigiliserida, dan kolesterol LDL.

Dalam penelitian pada tikus yang dilakukan selama 3 minggu, setelah hewan tersebut mengkonsumsi air kelapa hijau terbukti bisa diperbaikinya kesehatan tekanan darah, gula darah, trigliserida, hingga level insulin.


  1. Membantu Mengatasi Diare Ringan

Air kelapa hijau juga bisa membantu mencegah dehidrasi pada anak anak dengan diare ringan. Pasalnya air kelapa hijau tersebut mengandung komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oral, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menggantikan cairan yang hilang dikarenakan diare ringan. 

Meski air kelapa hijau merupakan minuman yang alami, tetapi jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya bisa membahayakan. Jadi pastikan dalam mengkonsumsi air kelapa hijau ini jangan terlalu banyak atau melebihi porsi normal, pasalnya bisa menimbulkan efek samping. 

Baca juga: Cara Akurat Menghitung Masa Subur Pria dengan Kalkulator Masa Subur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

Inilah Manfaat Cek Darah Lengkap

6 Tips Merawat Tanaman Di Luar Ruangan

Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Perlu anda
ketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar
ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di luar ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman
di dalam ruangan : 1. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Air yang CukupDalam merawat tanaman di luar ruangan seperti di taman atau halaman,tentunya anda akan sangat tergantung
pada elemen-elemen alami dan kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman tersebut. Maka dari itu, jumlah
penyiraman tanaman akan tergantung pada cuaca serta kondisi tanah di lingkungan anda tinggal. Biasanya
penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, baik secara manual maupun menggunakan sprinkler
(alat penyiram otomatis).
2. Pangkas Rumput Liar Yang Ada Di Area Tanaman Secara TeraturSeperti yang sudah diketahui bahwa rumput liar itu bisa berkembang biak dengan cepat serta bisa merusak
keindah…