Langsung ke konten utama

Manfaat Baik Temulawak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat-temulawak-untuk-kesehatan-kecantikan

BlogKokom.com - Indonesia memang terkenal dengan kekayaan tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan dasar obat herbal/jamu, salah satunya adalah temulawak. Tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Di pembahasan kali ini, kami akan menjabarkan tentang manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan. Simak yuk!

1. Dapat Mengatasi Masuk Angin

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengatasi masuk angin. Perut kembung yang diakibatkan masuk angin sering dialamai oleh setiap orang. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa coba mengonsumsi temulawak saat masuk angin. Obat herbal ini bisa mengatasi masuk angin berkat adanya kandungan piridoksin di dalamnya.  

2. Baik Untuk Kesehatan Hati

Manfaat temulawak lainnya adalah untuk kesehatan hati. Dimana, temulawak bisa berfungsi sebagai hepatoprotektor yang bisa melindungi hati dari efek samping obat-obatan. Selain itu, manfaat temulawak untuk kesehatan ini harus dibarengi dengan kemampuan merangsang cairan empedu. 

3. Sebagai Toksin Dalam Tubuh

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Karena pada temulawak ini terdapat kandungan Phelandren yang bisa berfungsi sebagai toksin dalam tubuh. 

4. Mengatasi Jerawat

Selain untuk kesehatan, temulawak juga bermanfaat untuk kecantikan. Dimana, temulawak ini memiliki kandungan antibakteri yang sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengonsumsinya atau diambil sari temulawak sebagai masker wajah guna mengatasi masalah jerawat di wajah. 

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat temulawak lainnya untuk kecantikan adalah dapat mencegah penuaan dini. Karena kandungan minyak atsiri yang tinggi pada temulawak ini  sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi penuaan dini pada kulit wajah.

6. Dapat Menghaluskan Kulit Wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang halus and bisa coba menggunakan temulawak. Karena kandungan minyak atsiri pada temulawak ini sangat efektif untuk membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Untuk mendaptkan manfaat dari temulawak ini, anda bisa menggunakan temulawak sebagai masker wajah.

7. Menghilangkan Noda Hitam

Manfaat temulawak untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu menghilangkan noda hitam di wajah. Noda hitam dan kulit kering pada kulit wajah ini bisa diebabkan oleh paparan sinar matahari dan debu. Nah, untuk mengatasinya anda bisa coba menggunakan masker wajah dari temulawak. Untuk hasil yang lebih maksimal,  anda bisa membuat masker wajah dari temulawak yang dicampur dengan kuning telur dan minyak zaitun.

8. Meringankan Nyeri Haid

Perlu diketahui, dengan sifat temulawak yang dingin bisa meringankan nyeri saat haid. Dengan mengonsumsi temulawak ini tubuh anda akan merasa lebih rlikes sehingga secara pelan-pelan rasa sakit haid akan hilang. Untuk mendapatkan manfaat dari temulawak ini, anda bisa mengonsumsinya dengan dicampur bersama kunyit, kemudian direbus untuk diminum selama nyeri haid berlangsung.

9. Melembabkan Wajah

Manfaat lainnya yang bisa anda temukan pada temulawak ini adalah untuk melembabkan wajah. Dalam hal ini, anda bisa coba menggunakan masker wajah dari temulawak. Untuk hasil yang lebih maksimal,  anda bisa membuat masker wajah dari temulawak yang dicampur dengan kuning telur dan minyak zaitun.

10. Menghilangkan Bekas Luka Pada Kulit Wajah

Manfaat temulawak untuk kecantikan yang terakhir adalah dapat menghilangkan bekas luka di kulit wajah. Hal ini dikarenakan kandungan minyak atsiri dan senyawa antiradang pada temulawak ini dapat mengatasi peradangan pada luka serta membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

Nah, itulah beberapa manfaat dari tanaman temulawak untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi Anda yang ingin hidup sehat atau mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan secara alami, Anda bisa coba menggunakan temulawak ini.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

Inilah Manfaat Cek Darah Lengkap

6 Tips Merawat Tanaman Di Luar Ruangan

Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Perlu anda
ketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar
ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di luar ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman
di dalam ruangan : 1. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Air yang CukupDalam merawat tanaman di luar ruangan seperti di taman atau halaman,tentunya anda akan sangat tergantung
pada elemen-elemen alami dan kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman tersebut. Maka dari itu, jumlah
penyiraman tanaman akan tergantung pada cuaca serta kondisi tanah di lingkungan anda tinggal. Biasanya
penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, baik secara manual maupun menggunakan sprinkler
(alat penyiram otomatis).
2. Pangkas Rumput Liar Yang Ada Di Area Tanaman Secara TeraturSeperti yang sudah diketahui bahwa rumput liar itu bisa berkembang biak dengan cepat serta bisa merusak
keindah…