Langsung ke konten utama

10 TIPS POLA HIDUP SEHAT DIRUMAH SELAMA MASA PANDEMI CORONA


 

Saat virus corona menyerang Indonesia, pemerintah memberlakukan himbawan untuk berdiam dirumah. virus corona ini menyebar dengan sangat cepat dan kini telah banyak puluhan ribu orang terinfeksi virus ini. untuk menghindari virus corona ini kita harus menerapkan pola hidup sehat yang bertujuan agar virus corona ini tidak mudah menyerang tubuh serta membuat imun kita menjadi lebih kuat.
Karena kita sedang menerapkan pola dirumah saja, maka kita harus benar-benar menjaga kesehatan. Meskipun aktifitas dibatasi untuk mencegah penularan, kita tetap bisa melakukan berbagai kegiatan dengan standar protocol kesehatan terbaru yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan orang banyak.
Dalam masa pandemic ini kita harus menerapkan pola hidup sehat. nah meskipun kamu berada dirumah, kamu harus menerapkan beberapa pola hidup sehat yang akan kami berikan caranya dibawah ini. simak ulasannya!

Cara Pola Hidup Sehat Selama Masa Pandemi


1. Rajin Cuci Tangan

Pola hidup sehat pertama yaitu kamu harus rajin mencuci tangan. Virus atau bakteri banyak terkumpul pada tangan karena tangan merupakan alat yang selalu kita gunakan untuk menyentuh apapun. Maka dari itu kamu harus rajin mencuci tangan demi kebersihan dan menjaga agar virus tidak masuk kedalam tubuh.
Terkadang kamu selalu menyentuh hidung, bibir, dan mata maka dari itu kamu harus lebih rajin mencuci tangan agar virus atau kuman tidak masuk melalui area tersebut. lakukan cara yang sudah dianjurkan oleh dokter dengan mencuci tangan selama minimal 20 detik dengan tahapan yang benar.

2. Menjaga Pola Makan

Pola hidup selanjutnya yaitu menjaga pola makan kamu. meskipun kamu dirumah, kamu harus tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak boleh makan sembarangan. Karena dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, maka kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat dan tidak gampang sakit meskipun berada dirumah.
Konsumsilah makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna. Dalam hal ini kamu harus memenuhi asupan karbohidrat, vitamin, mineral, lemak. Dan juga kamu harus menghindari makanan junk food terlalu sering karena makanan junk mengandung lemak jenuh yang akan memicu penyakit jantung koroner.

3. Memenuhi Asupan Cairan

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu memenuhi asupan cairan tubuhmu. Tubuh memerlukan setidaknya 2,7 liter air per hari atau setara 8-10 gelas perhari. Tubuh memerlukan cairan karena untuk melakukan metabolism sehingga jika kita kurang maakan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti dehidrasi, bibir kering dan berbahaya bagi kesehatan ginjal.
Kamu juga boleh mengkonsumsi minuman seperti kopi, teh, soda namun dalam batas normal dan jangan berlebihan karena bisa membahayakan tubuh.

4. Selalu Jaga Kebersihan Rumah

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu menjaga kebersihan rumah. Rumah yang kotor merupakan sarang penyakit makan dari itu kamu harus rajin membersihkan rumah dari debu dan kotoran. Caranya yaitu kamu bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke benda-benda yang terlihat berdebu atau kotor.
Dan juga usahakan ruangan di dalam ruang mendapatkan cahaya matahari dan udara yang cukup. Jangan biarkan juga sampah menumpuk karena sampah juga merupakan sarang penyakit.

5. Olahraga Secara Teratur  

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu dengan olaharaga secara teratur. Karena masa pandemic ini kita tidak boleh berolahraga dengan kerumunan orang banyak. maka dari itu kamu bisa melakukan olahraga dirumah seperti melakukan yoga, sit up, zuma, dan masih banyak lagi. olahraga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, metoblisme tubuh berkerja baik dan meregenerasi sel tubuh. Selain sehat, berolahraga bisa membuat awet muda dan terhindar dari stress.
Lakukan kegiatan olahraga secara rutin selama 30 menit agar mendapatkan tubuh yang sehat dan fit meskipun berada dirumah. atau jika kamu bosan, kamu bisa jogging sekitaran area rumah dan hindari olahraga berdekatan dengan orang yang tidak dikenal.

Baca Juga : Manfaat Baik Temulawak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Vitamin yang Harus Tercukupi

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu memenuhi asupan vitamin dalam tubuh. Selain mengkonsumsi makanan bergizi, namun kamu juga harus memenuhi asupan vitamin dalam tubuh. Vitamin sangat penting karena mampu menaikan imun agar tidak mudah sakit. Berbagai vitamin yang penting selama pandemic ini adalah vitamin C dan D.
Vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan vitamin D bermanfaat untuk menstimulus sel imun supaya bisa menghalau virus, mencegah berbagai macam penyakit, dan menguatkan tulang. Kamu bisa mengkonsumsi buah seperti jeruk, apple, buah naga untuk mendapatkan vitamin C. dan 

7. Menghentikan Segala Kebiasaan Buruk

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu menghentikan kebiasan buruk. Beberapa kebiasan buruk yang dilakukan yaitu merokok, begadang dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Kebiasan ini akan memperparah tubuhmu dan membuat kamu cepat terserang penyakit seperti serangan jantung, store bahkan kanker.
Contohnya rokok. Rokok terdapat ribuan zat berbahaya yang masuk didalam tubuh. Rokok dapat mengurangi pembentukan antibobi sehingga mengurangi perkembangan sistem imun yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu mulai dari sekarang hindari kebiasaan buruk tersebut untuk mengurangi resiko penyakit yang nanti dialami.

8. Menghindari Stres

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu hindari stress. Stress merupakan pemicu awal munculnya penyakit dalam tubuh. Stress akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih burk dari hari ke hari. stress akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan beberapa gizi dan vitamin akan terkuras karena stress. Maka dari itu kita harus menghindari stress agar tidak membahayakan tubuh.
Cara menghindari stress mulai beragam yaitu seperti berolahraga, beribadah, dan beberapa hal lain yang kamu suka. Jika kamu hobi bermain game, bermainlah untuk menghindari stress. Beberapa cara tersebut bisa menurunkan pikiran stress dan membuat pikiranmu menjadi lebih produktif lagi. hindari pemikiran negative atau pekerjaan yang membuatmu stress. Luangkan waktu untuk menghibur dirimu agar terhindar dari stress.

9. Tidur yang Cukup

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu dengan tidur yang cukup. Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia karena tidur dapat mengembalikan stamina setelah lelah melakukan aktivitas sehari-hari. tidur merupakan kebutuhan penting manusia, karena dengan tidur tubuh kita akan beristirahat. Seseorang yang mengalami kurang tidur biasanya akan menimbulkan masalah penyakit seperti obesitas, jantung, dan diabetes.
Tidur yang cukup untuk orang dewasa yaitu minimal 6 jam dan maksimal 8 jam untuk memulihkan stamina dan menjaga daya tahan tubuh. Tidur berlebihan pun tidak baik karena kamu akan merasakan lemas sepanjang hari.

10. Berjemur Saat Pagi Hari  

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu berjemur di pagi hari. sinar matahari memiliki manfaat yaitu menghasilkan vitamin D alami yang baik untuk tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan vitamin D sangat penting untuk menstimulus sel imun supaya bisa menghalau virus, mencegah berbagai macam penyakit.
Kamu bisa memanfaatkan sinar matahari pagi hari dengan berjemur selama 30 menit. berjemur yang baik itu yaitu pada jam 11.00 karena menghasilkan vitamin D alami. Lakukan berjemur ini agar kamu mendapatkan vitamin D gratis.
Itulah beberapa tips menjaga pola hidup sehat selama masa pandemic virus corona. selalu jaga jarak dan jaga kesehatan agar terhindar dari virus ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Merawat Tanaman Di Luar Ruangan

Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Perlu anda ketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di luar ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman di dalam ruangan : 1. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Air yang Cukup Dalam merawat tanaman di luar ruangan seperti di taman atau halaman,tentunya anda akan sangat tergantung pada elemen-elemen alami dan kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman tersebut. Maka dari itu, jumlah penyiraman tanaman akan tergantung pada cuaca serta kondisi tanah di lingkungan anda tinggal. Biasanya penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, baik secara manual maupun menggunakan sprinkler ( alat penyiram otomatis). 2. Pangkas Rumput Liar Yang Ada Di Area Tanaman Secara Teratur Seperti yang sudah diketahui bahwa rumput liar itu bisa berkembang biak dengan cepat se

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah Manfaat Cek Darah Lengkap

Pemeriksaan darah merupakan uji laboratorium yang dilakukan pada darah anda untuk selanjutnya digunakan dalam kepentingan medis yaitu untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Tes darah merupakan cara yang paling akurat dalam memeriksa kesehatan, melalui tes darah ini bisa diketahui berbagai penyakit yang mungkin anda derita bahkan selain itu tes darah juga dapat ditujukan untuk memonitoring kesehatan tubuh.  Pemeriksaan darah dapat dikenal dengan istilah screening test lalu setelah dilakukan tes tersebut anda dapat mengkonsultasikan pemeriksaan darah yang lebih spesifik untuk memonitoring kesehatan anda, adapun beberapa jenis pemeriksaan darah tersebut ialah panel lemak atau kolesterol, C-reactive protein, fibrinogen, cek darah lengkap , dan masih banyak lagi.  Darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan mengandung oksigen serta nutrisi yang selanjutnya akan masuk ke dalam seluruh jaringan tubuh. Selain membawa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh darah juga mengan