Langsung ke konten utama

Cara Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita Agar Cepat Hamil

cara-meningkatkan-kesuburan-pada-wanita


Blogkokom.com - 
Mungkin Anda sudah lama menikah dan sedang menjalankan program kehamiilan namun masih belum hamil-hamil juga. Sebenarnya hal yang paling utama yang harus segera anda lakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini dikarenakan kesuburan wanita dan kemungkinannya untuk hamil akan meningkat jika tubuh dalam kondisi sehat.

Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika sekitar 84% pasangan akan hamil dalam setahun pertama, jika berhubungan intim secara teratur dan tidak menggunakan kontrasepsi. Apabila kehamilan tidak terjadi di tahun pertama, maka 50%-nya akan hamil pada tahun kedua. Namun semua itu memiliki hubungan dengan tingkat kesuburan seorang wanita. Lalu bagaimana cara meningkatkan kesuburan wanita? Maka dari itu, dalam artikel kali ini membahas tentang cara meningkatkan kesuburan pada wanita sebagai berikut ini :

1. Perhatikan Asupan Makanan

Perlu anda ketahui bahwa makanan yang anda makan sehari-hari bisa mempengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormon, dan kesuburan. Apabila anda tidak bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, maka anda bisa mengonsumsi suplemen guna membantu memenuhi nutrisi tersebut. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan keseuburan wanita :

  • Daging
Dalam hal ini, anda bisa mengonsumsi daging sapi dan ayam rendah lemak. Karena selain mengandung potein, daging juga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kandungan yakni zat besi. Namun, anda tidak dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari tiga porsi setiap hari. Karena menurut penelitian, jika berlebihan mengonsumsi protein hewani justru dapat menurunkan kesuburan.  
  • Tumbuh –Tumbuhan Berprotein
Nah, apabila anda seorang vegetarian atau ingin mencari alternatif makanan berprotein lainnya. Maka anda bisa coba mengonsumsi kedelai (tempe atau tahu), kacang polong, atau kacang tanah. Selain harganya lebih ekonomis, makanan penyubur wanita ini juga lebih rendah lemak dan kalori dibandingkan daging sedhingga bobot tubuh anda bisa tetap terjaga. Bahkan menurut para ahli, dengan mengonsumsi protein nabati dan hewani dapat meningkatkan kesuburan anda. 
  • Ikan
Perlu diketahui bahwa zat yang sangat baik untuk memaksimalkan kinerja reproduksi adalah asam lemak omega-3. Dimana, zat tersebut bisa anda temukan pada ikan seperti sarden, salmon, tuna, dan ikan lele. Namun dengan adanya kekhawatian akibat ikan yang terkontaminasi oleh zat merkuri, yang merupakan zat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk cara aman, anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari 340 gram dalam seminggu. Namun, jika anda tetap merasa khawatir, maka anda bisa mendapatkan omega-3 dari telur, kacang almond, dan kenari yang diperkaya omega-3 atau DHA.

2. Hindari Kafein, Alkohol, dan Rokok

Apabila anda mengonsumsi kopi lebih dari lima gelas sehari maka itu setara dengan 500 mg kafein dan bisa berakibat menurunkan kesuburan. Karena konsumsi kafein yang masih bisa ditoleri maksimum 200 mg per hari. Sedangkan mengonsumsi alkohol dua gelas sehari juga bisa menurunkan kesuburan sebesar 60%. Selain itu, alkohol juga bisa meningkatkan risiko kelainan pada janin. Bukan hanya itu, merokok juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesuburan wanita. Karena rokok ini bisa menjadikan rahim kurang reseptif terhadap hasil konsepsi (pembuahan). Oleh karena itu maka sebaiknya anda berhenti merokok sebelum mencoba untuk hamil. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara meningkatkan kesuburan pada wanita semoga ada guna dan manfaatnya.

Baca juga: Cara Akurat Menghitung Masa Subur Pria Dengan Kalkulator Masa Subur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Merawat Tanaman Di Luar Ruangan

Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Perlu anda ketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di luar ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman di dalam ruangan : 1. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Air yang Cukup Dalam merawat tanaman di luar ruangan seperti di taman atau halaman,tentunya anda akan sangat tergantung pada elemen-elemen alami dan kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman tersebut. Maka dari itu, jumlah penyiraman tanaman akan tergantung pada cuaca serta kondisi tanah di lingkungan anda tinggal. Biasanya penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, baik secara manual maupun menggunakan sprinkler ( alat penyiram otomatis). 2. Pangkas Rumput Liar Yang Ada Di Area Tanaman Secara Teratur Seperti yang sudah diketahui bahwa rumput liar itu bisa berkembang biak dengan cepat se

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah Manfaat Cek Darah Lengkap

Pemeriksaan darah merupakan uji laboratorium yang dilakukan pada darah anda untuk selanjutnya digunakan dalam kepentingan medis yaitu untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Tes darah merupakan cara yang paling akurat dalam memeriksa kesehatan, melalui tes darah ini bisa diketahui berbagai penyakit yang mungkin anda derita bahkan selain itu tes darah juga dapat ditujukan untuk memonitoring kesehatan tubuh.  Pemeriksaan darah dapat dikenal dengan istilah screening test lalu setelah dilakukan tes tersebut anda dapat mengkonsultasikan pemeriksaan darah yang lebih spesifik untuk memonitoring kesehatan anda, adapun beberapa jenis pemeriksaan darah tersebut ialah panel lemak atau kolesterol, C-reactive protein, fibrinogen, cek darah lengkap , dan masih banyak lagi.  Darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan mengandung oksigen serta nutrisi yang selanjutnya akan masuk ke dalam seluruh jaringan tubuh. Selain membawa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh darah juga mengan