Langsung ke konten utama

3 Masakan Khas Bali Dengan Rasa Luar Biasa

 

makanan-khas-bali
Ikan Asap Sambal Matah

blogkokom.com - Membahas makanan dari Bali memang seolah tidak ada habisnya. Ada banyak sekali makanan khas dari Bali yang tentunya sayang apabila dilewatkan begitu saja. Nah, bila Anda akan berkunjung ke Bali dan kebetulan mencari makanan apa yang bisa dimakan disana, maka Anda wajib menyimak ulasan berikut. Berikut adalah 3 masakan khas Bali dengan rasa luar biasa.

  1. Ikan Asap Sambal Matah 

Pulau yang bernama Pulau Serangan mungkin tidak terlalu terkenal, namun hidangan khasnya yang disebut ikan asap sambal matah adalah salah satu makanan terbaiknya. Terbuat dari ikan hasil tangkapan penduduk pulau yang masih segar seperti tuna dan kerapu memiliki rasa berasap yang kuat. Keunikan dari makanan khas Bali yang halal ini adalah penggunaan tembakau batok kelapa yang dapat digunakan untuk pengasapan sehingga memberikan aroma batok kelapa yang unik. Selain menghasilkan aroma, juga dimasak dengan tempurung kelapa yang bisa membuat tekstur empuk dan bumbunya basah, karena waktu pemasakannya lebih lama. Untuk melakukan ini memang membutuhkan waktu, karena saat memasak, Anda perlu membalikkan ikan beberapa kali sambil mengoleskan bumbu pada ikan. Untuk membumbui ikan, Anda perlu menambahkan bumbu dari cabai, kunyit, bawang putih, dan bawang merah. Setelah matang, ikan asap akan disantap dengan nasi dan sambal pedas.

Baca Juga: Inilah 5 Aneka Masakan Khas Indonesia Yang Mendunia.

  1. Bulung Kuah Pindang 

Produksinya membutuhkan rumput laut yang berwarna hijau tetapi agak merah tua. Uniknya, kulit Bulung Kuah Pindang yang dimasak memiliki dua warna yaitu hijau yang diperoleh dengan cara direndam dalam air jeruk nipis, dan putih karena bila rumput laut melalui proses pengeringan akan memutih. Kemudian rebus rumput laut, tambahkan sambal songdang, dan taburkan bumbu khas agar pedas dan nikmat. Untuk menikmatinya bisa dimakan dengan nasi yang masih hangat, atau dimakan dengan rujak buleleng. Untuk membuat sup, Anda membutuhkan ikan segar, seperti tuna atau tuna, dan direbus dengan daun salam, garam, dan serai. Nanti kaldu ini dituangkan ke dalam rumput laut yang sudah matang, dan terakhir ditambahkan garam, air jeruk nipis dan kelapa parut. Selain itu, dalam wadah berisi kuah dangdang terangkat terdapat bahan lain berupa bumbu penyedap yang terbuat dari jahe, terasi bakar, merica dan garam.

  1. Ikan Laut Sambal Mentah 

Makanan khas Bali yang satu ini berupa ikan. Bali memiliki potensi untuk mengolah produk ikan yang besar, dan dominasi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Makanan khas Bali di Jimbaran adalah ikan laut Bali dengan saus sambal mentah. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu ikan laut segar, tambahkan bumbu seperti terasi, kunyit, ketumbar, garam, kencur, ketumbar dan bawang putih, haluskan dan oleskan pada ikan. Sebelum memasak, Anda harus menunggu hingga bumbu benar-benar menyerap bumbu selama prosesnya. Baru setelah bumbu meresap, barulah arang atau arang yang dikupas bisa digunakan untuk memanggang ikan segar. Seperti namanya, ada kata Sambal, dan juga membutuhkan sambal terasi yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, serai, garam dan terasi bakar. Potong dan haluskan bumbu, lalu tambahkan minyak kelapa dan air jeruk nipis.

Itu dia 3 makanan khas yang memiliki rasa luar biasa di Bali. Anda sudah pasti wajib mencobanya ketika sedang berada disana. Ada banyak sekali restoran yang menyediakan makanan ini sehingga jangan sampai ketinggalan ya. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Merawat Tanaman Di Luar Ruangan

Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Perlu anda ketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di luar ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman di dalam ruangan : 1. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Air yang Cukup Dalam merawat tanaman di luar ruangan seperti di taman atau halaman,tentunya anda akan sangat tergantung pada elemen-elemen alami dan kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman tersebut. Maka dari itu, jumlah penyiraman tanaman akan tergantung pada cuaca serta kondisi tanah di lingkungan anda tinggal. Biasanya penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, baik secara manual maupun menggunakan sprinkler ( alat penyiram otomatis). 2. Pangkas Rumput Liar Yang Ada Di Area Tanaman Secara Teratur Seperti yang sudah diketahui bahwa rumput liar itu bisa berkembang biak dengan cepat se

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Tempat Wisata Di Jogja dan Rekomendasi 10 Hotel Murah Di Jogja

Blogkokom.com - Di Kota Yoyakarta juga memiliki tempat wisata yang sangat beragam, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan, dan lain-lain. Berikut tempat wisata menarik yang ada di Jogjakarta dan rekomendasi 10 hotel murah di Jogja : Tempat Wisata Di Jogja 1. Benteng Vredeburg Yogyakarta Benteng Vredeburg Yogyakarta ini berada di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang ingin mengetahui sejarah perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan festival kebudayaan. Dan jika anda hanya ingin sekedar bersantai-santai sambil menikmati suasana di benteng ini, anda bisa mengunjungi cafe yang akan menyuguhkan makanan khas Belanda yang berada di dalam Benteng, yang bernama Indische Koffie. 2. Pasar Beringharjo Pa