Langsung ke konten utama

4 Masakan Khas Sunda Yang Paling Digemari



Kira kira ada berapa ya makanan khas Sunda itu? Sunda merupakan suku atau kelompok etnis yang berada dibagian barat Pulau Jawa, Indonesia. Berbicara tentang makanan khas Sunda, tentunya masyarakat langsung berpikiran tentang makanan yang didominasi rasa manis. 

Padahal, kuliner yang berasal dari tanah Sunda ini tidak hanya dirajai oleh cita rasa yang manis saja, namun ada juga ada cita rasa lain seperti gurih asin, asam segar, serta pedas menggigit. Masakan khas Sunda memiliki banyak penggemar di seluruh Indonesia, terutama masyarakat yang tinggal di pulau Jawa. Kebanyakan kuliner yang berasal dari tanah Sunda tersebut menggunakan bahan dasar berupa sayuran. 

Berikut dibawah ini rekomendasi 4 masakan khas Sunda yang paling digemari, diantaranya yaitu :

  1. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan khas Sunda yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat luas. Nasi liwet khas Sunda memiliki cita rasa yang gurih meski tidak menggunakan santan. Rasa gurih yang dimiliki nasi liwet berasal dari digunakannya bumbu bumbu rempah khas Indonesia seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi, dan daun salam. 

Biasanya nasi liwet disantap bersama ikan asin sebagai menu pelengkapnya. Namun, sebagian orang juga menyantap nasi liwet dengan sayuran asem, ikan bagar, dan gorengan tahu tempe. 

  1. Sayur Asem

Sayur asem merupakan makanan khas Sunda yang telah memiliki berbagai variasi lokal, seperti di Jakarta ada sayur asem Betawi, atau di beberapa daerah lain ada juga variasi sayur asem kangkung. 

Kamu harus tahu, makanan khas ini dinamai sayur asem karena menggunakan asam jawa untuk memberikan cita rasa asam pada kuahnya. Sayur asem terbuat dari berbagai sayuran yang mudah dijumpai di dataran Indonesia. 

Adapun sayur sayuran yang digunakannya itu seperti labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, belimbing sayur, melinjo, dan kacang tanah. Makanan khas Sunda ini memiliki rasa asam yang menyegarkan. Sayur asem sangat nikmat disantap bersama nasi putih hangat juga lauk pendamping seperti ikan goreng asin serta lalapan dan sambal. 

  1. Tumis Genjer Oncom

Tumis genjer oncom merupakan makanan khas Sunda yang banyak disajikan di warung warung makan. Cita rasa oncom yang nikmat dipadukan dengan rasa manis pedas dan genjer atau paku rawan yang memiliki kontur lunak namun renyah ketika digigit. Pada setiap sajian tumis genjer oncom mengandung banyak serat. Jadi, makanan khas Sunda ini tidak hanya nikmat namun juga menyegarkan. 


Baca Juga: Resep Ayam Taliwang Asli yang Praktis, Bumbu Meresep Sempurna


  1. Pepes

Kebanyakan orang mengira kalau pepes merupakan nama makanan. Padahal, pepes merupakan teknik memasak yang banyak ditemukan di daerah Indonesia. Di tanah Sunda sendiri, pepes dikenal juga dengan sebutan pais.

Pada dasarnya pepes atau pais merupakan hidangan yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang dikukus atau dibakar hingga matang. Adapun bahan utama yang disajikan bisa berupa ikan, tahu, jamur, juga kreasi bahan lainnya. 

Di Sunda, ada beragam jenis pepes seperti pepes ayam, pepes daging sapi, pepes ikan asin, pepes teri, pepes jamur, pepes telur asin, dan masih banyak yang lainnya. Ada di tanah Sunda dan sekitarnya. Makanan khas Sunda ini dibumbui dengan rempah rempah pilihan yang diolah dengan cara diranjang atau dihaluskan. Pepes paling nikmat disantap bersama nasi hangat dan sayur asem. 

Dari keempat masakan khas Sunda diatas, mana yang paling kamu sukai?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Merawat Tanaman Di Luar Ruangan

Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Perlu anda ketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di luar ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman di dalam ruangan : 1. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Air yang Cukup Dalam merawat tanaman di luar ruangan seperti di taman atau halaman,tentunya anda akan sangat tergantung pada elemen-elemen alami dan kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman tersebut. Maka dari itu, jumlah penyiraman tanaman akan tergantung pada cuaca serta kondisi tanah di lingkungan anda tinggal. Biasanya penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, baik secara manual maupun menggunakan sprinkler ( alat penyiram otomatis). 2. Pangkas Rumput Liar Yang Ada Di Area Tanaman Secara Teratur Seperti yang sudah diketahui bahwa rumput liar itu bisa berkembang biak dengan cepat se

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Tempat Wisata Di Jogja dan Rekomendasi 10 Hotel Murah Di Jogja

Blogkokom.com - Di Kota Yoyakarta juga memiliki tempat wisata yang sangat beragam, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan, dan lain-lain. Berikut tempat wisata menarik yang ada di Jogjakarta dan rekomendasi 10 hotel murah di Jogja : Tempat Wisata Di Jogja 1. Benteng Vredeburg Yogyakarta Benteng Vredeburg Yogyakarta ini berada di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang ingin mengetahui sejarah perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan festival kebudayaan. Dan jika anda hanya ingin sekedar bersantai-santai sambil menikmati suasana di benteng ini, anda bisa mengunjungi cafe yang akan menyuguhkan makanan khas Belanda yang berada di dalam Benteng, yang bernama Indische Koffie. 2. Pasar Beringharjo Pa