Langsung ke konten utama

Proses Kelahiran Bayi, Dari Kontraksi Hingga Proses Melahirkan

proses-kelahiran-bayi
Ilustrasi Melahirkan Bayi

blogkokom.com - Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk mendapatkan keturunan sehingga legacynya dapat diteruskan oleh keturunannya. Disini, sang istri atau wanita lah yang paling berperan dalam proses melahirkan bayi tersebut. proses melahirkan bayi pada masa sekarang dapat dilakukan dengan beberapa metode kelahiran. Kelahiran normal atau spontan dan kelahiran tidak normal. Wanita yang sedang melahirkan tidak selalu berani untuk lahir normal atau sebaliknya. 

Kelahiran normal atau spontan biasanya tidak membutuhkan alat dan sang bayi akan keluar dari perut sang ibu melalui vagina. Proses persalinan metode ini membutuhkan usaha keras dari sang ibu untuk mengeluarkan sang bayi. Berbeda dengan proses persalinan dengan metode operasi caesar. Proses persalinan ini malah harus pada kondisi sebelum kontraksi. pada proses ini, dilakukan pembedahan pada perut ibu dan pengeluaran bayi dari perut ibu melalui area sobekan perut. Proses kelahiran normal akan dijelaskan lebih lanjut agar sang calon ibu memahami serta tidak menjadi takut saat melahirkan nanti.

Tahap Pertama

Tahap pertama dalam proses melahirkan normal adalah pembukaan leher rahim atau serviks. Pada fase ini, terjadi kontraksi pada pada leher rahim yang diawali dengan penipisan dan pelebaran leher rahim. Kontraksi awal berlangsung bervariasi durasinya. Proses ini menyebabkan leher rahim membuka sekitar 3-4 cm. Kejadian ini biasanya terjadi saat beberapa hari atau beberapa jam sebelum kelahiran. 

Pada fase pembukaan leher rahim kedua, dianjurkan untuk datang ke rumah sakit dan mempersiapkan diri untuk melahirkan. Pada fase kontraksi kedua, leher rahim akan mengembang lebih lebar hingga 9 cm. fase ini disebut juga dengan fase aktif dengan durasi 3-4 jam. Fase kontraksi terakhir pada tahap pertama disebut juga fase transisi. Pada fase ini, sang ibu akan mengalami kontraksi kuat, dan rasa sakit yang hebat. Pembukaan leher rahim pada kontraksi ini bisa sampai 10 cm.

Baca Juga: 11 Referensi Nama Bayi Perempuan Islam Modern

Tahap Kedua

Tahap kedua dari proses persalinan adalah fase mengejan dan keluarnya bayi melalui vagina ibu. Proses pengejanan ini biasanya tidak jauh berbeda dengan proses buang air besar dimana terdapat rasa ingin mengeluarkan sesuatu dari dalam tubuh. Dokter akan memberi isyarat kepada sang ibu kapan saatnya mengejan untuk mengeluarkan bayi. Proses kontraksi dan mengejan membutuhkan konsentrasi pernafasan. Kapan saatnya menarik nafas, dan kapan saatnya membuang nafas biasanya dipandu oleh dokter dan tim medis yang membantu kelahiran anda. 

Saat mengejan untuk melahirkan, ada baiknya jika sudah mengetahui posisi bayi sudah benar. Posisi yang benar pada proses ini adalah pastikan kepala bayi yang keluar dahulu dan bayi tidak terlilit atau terhambat oleh plasenta saat melahirkan. 

Tahap Ketiga

Tahap ketiga adalah tahap pengeluaran plasenta dari rahim ibu. Tahap ini merupakan tahap yang penting juga karena plasenta harus dikeluarkan secara keseluruhan melalui jalur yang sama dengan bayi. Proses pengeluaran plasenta dapat dibantu oleh dokter dengan cara menarik plasenta secara perlahan-lahan dan berhati-hati. Dokter biasanya memberi suntikan pada ibu agar kontraksi ibu lebih lemah dan lebih santai.

Proses persalinan ini terlihat menakutkan oleh ibu-ibu yang baru pertama hamil. Untuk itu, perlu adanya suami yang selalu menemani dan memberi semangat dalam kehamilan dan proses persalinannya. Terkadang sang bapak juga dapat ikut di ruang persalinan untuk memberi dukungan pada ibu di dalam ruang persalinan. Semoga lancar melahirkan ya Bunda, jika ingin informasi lebih lanjut, simak dulu situs Popmama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

6 Tips Merawat Tanaman Di Luar Ruangan

Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Perlu anda ketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di luar ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman di dalam ruangan : 1. Pastikan Tanaman Bisa Mendapatkan Air yang Cukup Dalam merawat tanaman di luar ruangan seperti di taman atau halaman,tentunya anda akan sangat tergantung pada elemen-elemen alami dan kondisi lingkungan yang ada disekitar tanaman tersebut. Maka dari itu, jumlah penyiraman tanaman akan tergantung pada cuaca serta kondisi tanah di lingkungan anda tinggal. Biasanya penyiraman dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, baik secara manual maupun menggunakan sprinkler ( alat penyiram otomatis). 2. Pangkas Rumput Liar Yang Ada Di Area Tanaman Secara Teratur Seperti yang sudah diketahui bahwa rumput liar itu bisa berkembang biak dengan cepat se

Wajib Tahu! 7 Aplikasi Buat Nambahin Followers Kamu di Instagram

Blogkokom.com - Saat ini salah satu media sosial yang banyak digunakan para warganet adalah Instagram. Instagram merupakan sosial media yang mengedepankan foto sebagai konten utamanya yang memang berbeda dari jejaring sosial lainnya. Terlebih lagi saat ini banyak ditambahkannya fitur terbaru yang membuat para penggunanya merasa semakin betah untuk berlama lama scroll timeline. Instagram tidak hanya untuk melihat aktivitas terbaru dari teman di dunia maya saja, tetapi banyak juga para selebgram yang menggunakannya untuk tetap terlihat eksis sekaligus menghasilkan pundi pundi rupiah.  Baca juga: Mau Ganti HP buat Game? Inilah Rekomendasi HP Gaming Terbaik! Pastinya kamu sudah tahu kan jika jumlah followers, komen, dan like yang menjadi patokan seberapa eksis pemilik akun Instagram. Untuk bisa menambah jumlah followers di Instagram ini adanya 2 cara yang bisa dilakukan yaitu secara konvensional atau dengan menggunakan aplikasi.  Berikut dibawah ini 7 aplikasi penambah jumlah followers