Langsung ke konten utama

Pengertian dan Ciri-ciri Kiamat Sugra Menurut Kitab Suci Al-Qur’an

Kiamat atau hari akhir merupakan salah satu hari yang sangat ditakutkan oleh semua orang. Gambaran akan hari kiamat sangat menakutkan. 

Dalam Islam, kiamat dibagi menjadi dua yaitu kiamat kubra dan kiamat sugra. Kiamat sugra atau sering juga disebut dengan kiamat kecil ini sudah banyak terjadi di dunia. 


Bahkan tanda-tanda dari kiamat kecil ini sudah banyak ditemui. Penjelasan mengenai tanda-tanda kiamat sudah banyak dijelaskan di dalam kitab suci Al-Qur’an. 

Beberapa surah yang menjelaskan mengenai kiamat yaitu Az-Zalzalah, Al-Qari’ah, Al-Haqqah dan beberapa surah lainnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kiamat kecil.

Pengertian Kiamat Kecil atau Sugra

Kiamat Sugra merupakan salah satu jenis kiamat yang masuk ke dalam jenis kiamat kecil. Kiamat ini memiliki tanda-tanda yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 

Meskipun tanda-tandanya sudah bisa ditemui dalam keseharian manusia, namun sebagai umat Muslim yang beriman tidak boleh menyepelekan kiamat meskipun kecil. Sebagai seorang umat yang mempercayai akan kehendak Allah SWT, mengimani atau mempercayai adanya hari akhir sudah diajarkan sedari dini. 

Seluruh umat Islam wajib mengimani bahwa hari kiamat itu benar adanya. Hari kiamat menjadi hari yang sangat menakutkan karena tidak hanya akhir bagi seluruh umat manusia dan seisinya, hari kiamat juga tidak ada yang mengetahui kapan akan terjadi hari akhir tersebut. 

Kiamat kecil merupakan hari kiamat yang dirasakan oleh sebagian kecil orang-orang. Hal ini disebutkan pada Al-Qur’an surah Al-Araf yang tercantum pada ayat 51-52.

“Wa aadaa ashaabun naari ashaabal jannati an afiiduu’alainaa minal maaa’i awminna razaqakumullah; qooluu innal laaha harrama humma’alal kaafirin”

Yang berarti:

“Dan penghuni neraka menyeru penghuni surga; ‘limpahkanlah kami sedikit ait atu makanan yang telah direzekikan Allah kepadamu’. Mereka (penghuni surga) menjawab: ‘sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya atas orang-orang kafir.’”

Kiamat kecil juga dijelaskan berdasarkan hadist. Berikut ini adalah hadist yang menggambarkan mengenai kiamat kecil atau sugra.

“Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya di perlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore. Jika Ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat gambaran jelas bahwa dirinya sebagai ahli neraka. Dikatan kepadanya, ‘Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari kiamat.’”

Ciri-Ciri Kiamat Kecil atau Sugra

Kiamat kecil atau sugra ciri-cirinya bisa dilihat dan disaksikan secara langsung. Meskipun Allah tidak memberitahukan kapankah hari kiamat akan terjadi? Namun, Anda bisa mengenali tanda-tanda kiamat kecil melalui ciri-cirinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in

Service Center Sony Resmi Sudah Hadir Di Medan

Apakah selama ini kamu pernah mengalami kejadian kerusakan pada smartphone Sony kamu? Akan tetapi kamu membawa service smartphone Sony kamu di sembarang tempat, dalam arti kamu tidak membawa smartphone Sony kamu untuk di service center Sony resmi. Nah akibatnya smartphone Sony kamu bukannya baik malahan tambah rusak. Buat kamu yang tinggal di wilayah Medan, sekarang jangan khawatir ya, sekarang sudah hadir service center Sony resmi yang ada di wilayah daerah Medan. Jadi sekarang buat kamu yang tinggal di Medan sekarng sudah bisa service smartphone Sony nya di service center Sony yang resmi. Dan sekarang jangan pernah lagi ya bawa smartphone Sony rusak kamu untuk di service di sembarang tempat. Service Center Sony Resmi Di Medan Service center Sony resmi di medan ini berlokasi di Jalan Madong Lubis Nomor 42 dan di Jalan   Lebong nomor 11. Di tempat service center Sony resmi ini kamu bukan hanya bisa service smartphone kamu yang bermerk Sony saja, akan tetapi d