Langsung ke konten utama

4 Kuliner Khas Jakarta Ini Rasanya Super Nikmat

4 Kuliner Khas Jakarta Ini Rasanya Super Nikmat


Kuliner khas Jakarta memang punya cita rasa yang sangat nikmat. Bahkan ada beberapa menu yang saat ini mulai langka dan mungkin hanya bisa ditemukan di berbagai macam pameran seperti di Jakarta Fair. Padahal menu menu yang mulai langka itu sebenarnya punya cita rasa yang sangat nikmat.

Tentunya kamu penasaran kan dengan berbagai sajian kuliner khas Jakarta dengan cita rasanya yang sangat nikmat? Daripada penasaran, mari simak rekomendasi 4 sajian kuliner khas Jakarta yang rasanya super nikmat, berikut dibawah ini penjelasannya : 

  1. Ketoprak


Bagi sebagian besar warga Jakarta, ketoprak kerap dijadikan sebagai menu andalan di jam makan siang. Ketoprak tidak hanya nikmat dan lezat saja, namun harganya juga murah dan bisa ditemukan hampir ditiap sudut kota Jakarta. Sehingga tidak heran jika banyak orang dari berbagai kalangan bisa menikmatinya. 


Ketoprak betawi terdiri dari ketupat atau lontong yang dipadukan dengan bihun, toge, juga tahu. Tambahan sambal kacangnya juga membuat semakin lezatnya kuliner khas Jakarta ini. Masyarakat di Jakarta menganggap ketoprak ini sebagai makanan berat namun agak ringan. Untuk menyantap satu porsi ketoprak, jangan lupa kerupuk sebagai pelengkapnya. 


  1. Nasi Ulam


Zaman dulu, nasi ulam dipopulerkan oleh keturunan etnis Tionghoa yang tinggal di kampung kampung betawi. Kemudian, resep tersebut diadopsi oleh masyarakat setempat lalu dibuatlah makanan yang serupa namun masih sangat kental dengan nuansa lokal serta cocok dengan lidah masyarakat pada umumnya. 


Penyajian kuliner Jakarta ini menggunakan nasi pera. Supaya rasanya bertambah lezat, maka nasi pun disiram dengan menggunakan semur. Beberapa menu lauk pauk andalan yang digunakan untuk melengkapi nasi ulam sangat beragam seperti kentang, tahu, telur, hingga cumi goreng. Namun terkadang masih juga ditambah dengan bihun goreng, bawang goreng, juga sambal goreng. 


  1. Ketupat Sayur


Biasanya masyarakat betawi menyajikan ketupat sayur pada saat perayaan Idul Fitri. Kuliner khas Jakarta ini disajikan dengan kuah santan kental yang nikmat. Ketupat sayur paling cocok disantap bersama opor ayam, semur daging, atau makanan pelengkap lainnya. Apalagi adanya makanan pelengkap lain berupa emping dan kerupuk renyah yang membuat rasanya semakin menggugah selera makan. 


Namun, kini untuk bisa menikmati seporsi ketupat sayur kamu tidak perlu menunggu ketika lebaran saja. Pasalnya, kuliner khas Jakarta ini banyak dijual di berbagai tempat. Mulai dari warung kaki lima hingga restoran restoran banyak yang menyajikan kuliner ini. 


BACA JUGA : RESEP NASI GORENG


  1. Gabus Pucung


Dari namanya saja kamu tentu sudah bisa menebak kalau kuliner khas Jakarta ini terbuat dari ikan gabus. Gabus pucung memang menggunakan bahan dasar ikan gabus yang banyak ditemukan di rawa rawa atau sungai. Untuk kuahnya yang berwarna hitam pekat berasal dari tanaman kluwak yang biasanya digunakan untuk bumbu rawon. 


Meski sekilas tampak seperti rawon, namun dari teksturnya sangat berbeda. Hal itu karena pucung atau kluwak yang digunakannya itu memiliki resep serta takaran yang berbeda dengan rawon biasanya. Adanya taburan bawang goreng diatas ikan gabusnya saat disajikan dijamin menambah selera makan kamu. Apalagi jika dimakannya selagi hangat dan dengan rasa sedikit pedas. 

Selain itu masih ada sajian kuliner khas Jakarta lain yang rasanya super nikmat seperti ayam sampyok yang memiliki tampilan hampir sama dengan rendang. Rasa pertama kali yang akan kamu rasakan ketika menyantapnya adalah asin dan gurih. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

5 Manfaat Hebat Air Kelapa Hijau Bagi Ibu Hamil

BlogKokom.com -  Air kelapa hijau merupakan salah satu minuman isotonik yang banyak mengandung nutrisi alami. Di dalam air kelapa hijau terkandung elektrolit, kalium, natrium, klorida, protein, dan magnesium yang sangat tinggi. Air kelapa hijau juga menjadi sumber serat, kalsium, mangan, riboflavin, dan vitamin C. Dan tak hanya itu, air kelapa hijau juga mengandung gula yang lebih rendah.  Di masa kehamilannya, ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan baik untuk tubuh dan janinnya. Salah satu buah yang bermanfaat untuk dikonsumsi adalah buah kelapa hijau. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin selama masa kehamilan, dapat membantu menjaga ibu dan janin supaya tetap sehat. Berdasarkan tradisi secara turun temurun di Indonesia, saat rutin mengkonsumsi air kelapa hijau adalah pada trimester ketiga kehamilan karena dipercaya dapat menjadikan lebih bersihnya cairan ketuban dan nantinya bayi bisa terlahir dengan kulit yang bersih, rambut yang lebat

Tempat Wisata Di Jogja dan Rekomendasi 10 Hotel Murah Di Jogja

Blogkokom.com - Di Kota Yoyakarta juga memiliki tempat wisata yang sangat beragam, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan, dan lain-lain. Berikut tempat wisata menarik yang ada di Jogjakarta dan rekomendasi 10 hotel murah di Jogja : Tempat Wisata Di Jogja 1. Benteng Vredeburg Yogyakarta Benteng Vredeburg Yogyakarta ini berada di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang ingin mengetahui sejarah perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan festival kebudayaan. Dan jika anda hanya ingin sekedar bersantai-santai sambil menikmati suasana di benteng ini, anda bisa mengunjungi cafe yang akan menyuguhkan makanan khas Belanda yang berada di dalam Benteng, yang bernama Indische Koffie. 2. Pasar Beringharjo Pa