Langsung ke konten utama

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi


Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi.

Masjid Tanara Agung

Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang. 


Masjid Banten Agung

Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu ini dibangun Sultan Hasanuddin Maulana juga pada tahun 1552 hingga 1570. 


Batu Qur'an

Lokasi Batu Qur'an ini ada di kaki kawasan Gunung Karang. Tempat yang bernama Batu Qur’an tersebut ialah tempat berziarah yang mempunyai sejarah unik. Sementara nama Batu Qur’an tersebut asalnya dari batu berukuran besar yang memiliki tuliskan Alquran. Tetapi masyarakat percaya orang-orang dengan ilmu tinggi saja yang dapat melihat tulisan tersebut. Lokasi Batu Qur'an ini di Jalan Cikoromoy, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang. 


Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke lokasi Batu Qur’an, maka tidak lengkap rasanya jika tidak berziarah ke lokasi makam Maulana Mansyuruddin. Ada banyak orang yang menyatakan Syekh Maulana ini sebenarnya asal Jawa Timur. Tetapi ia dikenal sebagai orang yang berjasa menyebarkan ajaran Islam di wilayah Banten. Sedangkan lokasi Makam Maulana Mansyuruddin yaitu di Desa Cikadeun, Cipeucang, Pandeglang. 


Makam Syekh Abdul Jabbar

Ada pun juga destinasi religi lain yang bisa dikunjungi di Banten yaitu Makam Abdul Jabbar. Ia merupakan ulama yang memiliki peran pada pembentukan Pandeglang bersama dengan Syarif Hidayatullah. Kalau ingin ziarah membawa rombongan, pengunjung diimbau tetap kondusif serta tertib. Sebab, luas area Makam Abdul Jabbar hanya bisa menampung sekitar kurang lebih 20 orang saja. Lokasinya di Pasir Kecapi, Karangtanjung, Pandeglang. 


Museum Kepurbakalaan

Tak hanya masjid dan juga makam, kamu bisa berwisata religi juga di Museum Kepurbakalaan. Museum ini berdiri dari Juli 1985 dan mempunyai cerita bersejarah mengenai Kerajaan Islam di Banten dari sejak abad 16 hingga 19. Lokasi Museum Kepurbakalaan di Banten Lama, Kota Serang. 


Kompleks Pemakaman Sultan Banten

Lokasi Kompleks Pemakaman Sultan ini ada bagian utara Masjid Banten Agung yang sudah disebut sebelumnya. Ada kompleks makan Kesultanan Banten, ada banyak keluarga dari tokoh-tokoh besar dimakamkan di tempat itu. Ada beberapa sultan yang dimakamkan di Kompleks Pemakaman Sultan tersebut. Mulai dari Maulana Hasanuddin beserta istrinya, Ageng Tirtayasa, Abu Nasir, dan juga Zainul Abidin.


Makam Buya Hushtomi

Makan ini ialah makam tokoh Ahmad Histomi yang dikenal juga dengan nama Buya Histomi juga. Ia dikenal memakai seluruh hidupnya menyebarkan Islam. Ia juga membangun pesantren Al-Hidayah, dengan santri-santri yang tersebar hingga seluruh negeri. Lokasinya bertempat di Kampung Cisantri, Cipeucang, Pandeglang. 


Makam Muhammad Sholeh

Muhammad Sholeh merupakan ulama yang biasa menyebarkan Islam di kawasan pantai utara. Kamu dapat mencapai lokasi Makam Muhammad Sholeh dengan naik ke puncak dari area kaki bukit kurang lebih 500 meter. Ada pun keindahan alam di sini dengan udara yang segar untuk menemani perjalananmu. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

5 Manfaat Hebat Air Kelapa Hijau Bagi Ibu Hamil

BlogKokom.com -  Air kelapa hijau merupakan salah satu minuman isotonik yang banyak mengandung nutrisi alami. Di dalam air kelapa hijau terkandung elektrolit, kalium, natrium, klorida, protein, dan magnesium yang sangat tinggi. Air kelapa hijau juga menjadi sumber serat, kalsium, mangan, riboflavin, dan vitamin C. Dan tak hanya itu, air kelapa hijau juga mengandung gula yang lebih rendah.  Di masa kehamilannya, ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan baik untuk tubuh dan janinnya. Salah satu buah yang bermanfaat untuk dikonsumsi adalah buah kelapa hijau. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin selama masa kehamilan, dapat membantu menjaga ibu dan janin supaya tetap sehat. Berdasarkan tradisi secara turun temurun di Indonesia, saat rutin mengkonsumsi air kelapa hijau adalah pada trimester ketiga kehamilan karena dipercaya dapat menjadikan lebih bersihnya cairan ketuban dan nantinya bayi bisa terlahir dengan kulit yang bersih, rambut yang lebat

Tempat Wisata Di Jogja dan Rekomendasi 10 Hotel Murah Di Jogja

Blogkokom.com - Di Kota Yoyakarta juga memiliki tempat wisata yang sangat beragam, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan, dan lain-lain. Berikut tempat wisata menarik yang ada di Jogjakarta dan rekomendasi 10 hotel murah di Jogja : Tempat Wisata Di Jogja 1. Benteng Vredeburg Yogyakarta Benteng Vredeburg Yogyakarta ini berada di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang ingin mengetahui sejarah perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan festival kebudayaan. Dan jika anda hanya ingin sekedar bersantai-santai sambil menikmati suasana di benteng ini, anda bisa mengunjungi cafe yang akan menyuguhkan makanan khas Belanda yang berada di dalam Benteng, yang bernama Indische Koffie. 2. Pasar Beringharjo Pa