Langsung ke konten utama

Dalil Menutup Aurat Bagi Wanita dan Laki-Laki

Beberapa Dalil Untuk Menutup Aurat

Di dalam Islam kita diajarkan untuk menutup aurat. Secara bahasa, aurat bisa diartikan sebagai bagian anggota tubuh yang harus ditutupi. Ada banyak dalil baik dari AL Quran maupun Hadits tentang kewajiban menutup aurat. 

dalil menutup aurat


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimna halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.” (QS. Al-A’raf : 27). 

Bicara soal menutup aurat, dalam tulisan kali ini akan memberikan dalil tentang menutup aurat bagi wanita dan laki-laki. 

Perintah Menutup Aurat Bagi Kaum Perempuan

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayam mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara –sudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.” (QS. An-Nur : 31). 

Batas Aurat Perempuan

Perlu diketahui bahwa aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah rhadiyallahu anha, ia menceritakan bahwa adik kandungnya Asma’ binti Abu Bakar masuk ke rumah Rasulullah dengan berpakaian tipis.

Rasulullah pun berpaling darinya sambil bersabda, “Hai Asma’,  sesungguhnya seorang wanita, apabila telah baligh (mengalami haid), tidak layak tampak dari tubuhnya kecuali ini dan ini (seraya menunjuk muka dan telapak tangannya)”. (HR. Abu Dawud). 

Hadits menutup aurat untuk kaum perempuan yang lainnya berbunyi :

Artinya : “Rasulullah Shollallahu Alaihi wa Sallam ketika bersabda mengenai masalah menjulurkan ujung pakaian, aku berkata kepada beliau : ‘Wahai Rasulullah bagaimana dengan kami (kaum wanita)? Nabi menjawab : ”Julurkanlah sejengkal”. Lalu Ummu Salamah bertanya lagi : ‘Kalau begitu kedua qadam (bagian bawah kaki) akan terlihat?’ Nabi bersabda : “Kalau begitu julurkanlah sehasta.”

Perintah Menutup Aurat Untuk Laki-Laki

Dalam hal ini, ada perintah menutup aurat laki-laki di ayat Al Quran yang dijelaskan dalam surat An-Nur ayat 30.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” 

Batas Aurat Laki-Laki

Ada dua pendapat ulama yang menjelaskan tentang batasan aurat laki-laki. Pendapat yang pertama adalah aurat laki-laki itu antara pusar sampai lutut. Sedangkan pendapat yang kedua aurat laki-laki adalah hanya kemaluannya saja. 

Walaupun demikian, laki-laki sebaiknya menutupu auratnya terutama ketika melaksanakan sholat dengan menggunakan sarung atau celana panjang sehingg auratnya tertutup. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in

Service Center Sony Resmi Sudah Hadir Di Medan

Apakah selama ini kamu pernah mengalami kejadian kerusakan pada smartphone Sony kamu? Akan tetapi kamu membawa service smartphone Sony kamu di sembarang tempat, dalam arti kamu tidak membawa smartphone Sony kamu untuk di service center Sony resmi. Nah akibatnya smartphone Sony kamu bukannya baik malahan tambah rusak. Buat kamu yang tinggal di wilayah Medan, sekarang jangan khawatir ya, sekarang sudah hadir service center Sony resmi yang ada di wilayah daerah Medan. Jadi sekarang buat kamu yang tinggal di Medan sekarng sudah bisa service smartphone Sony nya di service center Sony yang resmi. Dan sekarang jangan pernah lagi ya bawa smartphone Sony rusak kamu untuk di service di sembarang tempat. Service Center Sony Resmi Di Medan Service center Sony resmi di medan ini berlokasi di Jalan Madong Lubis Nomor 42 dan di Jalan   Lebong nomor 11. Di tempat service center Sony resmi ini kamu bukan hanya bisa service smartphone kamu yang bermerk Sony saja, akan tetapi d