Langsung ke konten utama

Mari Pelajari Sifat Wajib At Tabligh Milik Rasul yang Patut Dicontoh Umat Muslim

Mari Pelajari Sifat Wajib At Tabligh Milik Rasul yang Patut Dicontoh Umat Muslim

Sumber: chiplanay from www.pixabay.com

Sebagai umat muslim, ada baiknya menyelami pelajaran-pelajaran baik dari nabi dan rasul. Setiap nabi dan rasul memiliki kisah inspiratif, sehingga cocok untuk dijadikan pelajaran dan diambil hikmahnya sebagai perbaikan diri kedepannya. Tak hanya hikmah, anda dapat menerapkan sifat-sifat baik yang dimiliki oleh para nabi juga rasul.

Kali ini mari mempelajari salah satu dari 4 sifat wajib dari para rasul Allah SWT, yakni At Tabligh. Sifat ini memiliki arti menyampaikan, membuktikan bahwa rasul Allah tidak pernah sekali saja menyimpan wahyu Allah sendiri. 

Melainkan selalu menyampaikan apa yang diterima kepada umat-Nya. Dapat digambarkan bahwa rasul adalah perantara manusia dengan Allah, tersebut pada hadist Riwayat Ali bin Abi Thalib tentang wahyu yang tidak tercantum di dalam Al-Qur’an dan menegaskan “ Demi Zat yang membelah biji dan melepas napas, tiada yang disembunyikan kecuali pemahaman seseorang terhadap Al-Qur’an”. Selain itu juga diperjelas pada QS Al Maidah ayat 67 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الرَّسُوْلُ بَلِّغْ مَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ ۗوَاِنْ لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسٰلَتَهٗ ۗوَاللّٰهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْكٰفِرِيْنَ

Yang artinya: “Wahai Rasul! Sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak engkau lakukan (apa yang diperintahkan itu) berarti engkau tidak menyampaikan amanat-Nya. Dan Allah memelihara engkau dari (gangguan) manusia. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

Rasul bertugas menyampaikan segala macam wahyu dari Allah SWT kepada kaumnya untuk menjadi pedoman hidup umat-Nya, sehingga apa yang disampaikan haruslah benar-sebenarnya. Dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan bahwa dalam berbicara harus benar dan baik seperti pada surah Al Ahzab juz 33 ayat 71 yang berbunyi:

يُّصْلِحْ لَكُمْ اَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْۗ وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا

Yang artinya: “niscaya Allah akan memperbaiki amal-amalmu dan mengampuni dosa-dosamu. Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh, dia menang dengan kemenangan yang agung.”

Terpampang jelas dalam ayat tersebut, bahwa dalam lini kehidupan apapun manusia hendaknya berkata-kata yang benar, baik, juga tepat sasaran. Jangan sampai menyakiti perasaan orang lain, jika kita menjaga perasaan orang lain yakinlah mereka akan menjaga perasaan kita juga.

Selain itu juga ada sunnah sifatiah tabligh atau penyampaian secara tepat sebagai berikut:

  1. Adanya kesediaan untuk saling memberi nasihat demi menjujung tinggi kebenaran juga kesadaran.

  2. Selalu mengucapkan perkataan secara benar juga sopan, sunnah ini merujuk kepada Rasulullah SAW yang tidak sekalipun pernah mengucapkan perkataan yang tidak sopan walau dalam keadaan dihina sekalipun.

  3. Gunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain, seperti halnya yang selalu dijaga oleh Rasulullah SAW agar tidak menyakiti perasaan dari para sahabat juga orang lain yang ditemui beliau semasa perjuangan menyiarkan Agama Islam sepanjang hidup beliau.

BACA JUGA : Dalil Menutup Aurat Bagi Wanita dan Laki-Laki

Mulutmu harimaumu, jagalah perkataan dan cara penyampaian dimanapun dan dalam kondisi apapun. Entah saat menimba ilmu, bekerja, berdagang, berbisnis, bertemu orang baru, atau juga bertemu dengan orang-orang yang sudah lama dikenal. Jangan menyakiti perasaan orang lain, jika tidak ingin disakiti.

Sekian penjelasan tentang salah satu sifat wajib yang dimiliki oleh rasul Allah SWT, Sifat At Tabligh atau menyampaikan sangat baik jika kita terapkan pada diri sendiri sebagai sosok umat muslim yang patuh kepada Allah SWT untuk menjaga keberlangsungan hidup kita bersama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata