Langsung ke konten utama

Resep Cilok Terenak dan Mudah Dibuatnya

Pandemi yang kemarin dialami oleh hampir seluruh dunia, mengajarkan nilai positif yang baru, yaitu hidup sehat, dan harus terus mengetahui protocol kesehatan. Salah satu yang dapat dilakukan dengan mudah adalah memakan makanan yang sudah dijamin kesterilannya atau kebersihannya.

Namun, sulit sekali rasanya menemukan makanan ringan seperti jajanan pinggir jalan yang dapat dijamin kebersihannya. Terkadang dapat dengan mudah dilihat banyak lalat-lalat yang menghinggapi wadah-wadah di makanan ringan tersebut.

Salah satu incaran makanan ringan yang selalu diperebutkan semua kalangan adalah cilok. Cilok yang katanya merupakan singkatan dari “Aci diColok” dilihat terbuat dari bahan dasar tepung aci dan cara penyajiannya yang dicolok sebelum dimasukkan wadah.

Cilok adalah jajanan favorit semua kalangan, dan semua gender. Oleh sebab itu dapat mudah ditemukan dimanapun dengan varian cilok yang beragam.

Sayangnya, menjadi dilema ketika harus memikirkan kebersihan dari cilok tersebut. Sebagai pecinta cilok pasti anda menjadi gundah sendiri.

Anda tidak perlu khawatir, anda hanya perlu menyisihkan waktu sedikit untuk membuat cilok di rumah. Tenang saja membuat cilok di rumah sangat mudah dan waktu yang dibutuhkan juga sebentar.

Agar tidak banyak basa basi lagi, mari langsung disimak cara membuat cilok terenak dan mudah dipraktekkan untuk anda yang belum terbiasa di dapur!

Bahan-Bahan 

Bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan dan memiliki harga pasar yang sangat terjangkau. Oleh karenanya membuat cilok sendiri di rumah selain dapat memastikan kebersihan dari cilok tersebut juga dapat membuat anda menjadi lebih hebat, karena mengurangi pengeluaran jajan diluar.

Berikut adalah bahan-bahan cilok terenak:

Bahan untuk Cilok

  1. Tepung tapioka (tepung aci atau tepung kanji) 100 gr

  2. Tepung terigu 100 gr

  3. Air ( hangat atau panas) 150 ml

  4. Daung bawang 2 batang

  5. Bawang putih 2 siung

  6. Lada bubuk secukupnya

  7. Garam secukupnya

Bahan untuk Saus Kacang

  1. Kacang tanah (sudah di goreng) 100 gr

  2. Bawang putih 2 siung

  3. Cabai merah (sudah digoreng) 3 buah

  4. Gula merah (disisir) 30 gr

  5. Kecap manis 4 sdm

  6. Garam secukupnya

  7. Air panas atau hangat secukupnya

Step-step membuat Cilok Terenak

Uleni Seluruh Adonan Hingga Halus

Setelah selesai mempersiapkan bahan-bahan tersebut dan disisihkan. Kini saatnya masuk ke tahap pembuatan adonan cilok terenak.

Pertama, haluskan bawang putih dengan cara di ulek hingga halus dan diletakkan didalam wadah. Ambil batang daun bawang dan dicincang hingga halus dan sisihkan juga kedalam wadah.

Setelahnya ambil wadah besar, masukan tepung tapioka atau tepung kanji dan tepung terigu. Tuangkan air hangat atau panas tadi sedikit demi sedikit, dan diratakan hingga adonan tersebut tidak terjadi gumpalan. 

Daun Bawang dan Bawang Putih Dimasukan

Setelah adonan tersebut terasa lebih halus dan kenyal, masukan bawang putih yang sudah diulek tadi lalu di uleni kembali hingga bawang putih tersebut merata di dalam adonan.

Lalu masukan batang daun bawang yang sudah dicincang, dan lakukan tahapan seperti mencampurkan bawang putih di dalam adonan tersebut. 

Terakhir tambahkan penyedap seperti lada, garam, dan uleni kembali sampai dirasa halus atau kalis, untuk mempermudah pembuatan bentuk cilok

Biarkan Adonan di Suhu Ruangan

Ketika adonan sudah terasa halus atau kalis, diamkan adonan kurang lebih selama 15 menit. Agar adonan tersebut menjadi lebih padat.

Proses pendiaman ini berguna agar adonan lebih mudah dibentuknya.

Pembuatan Bentuk Cilok

Setelah dibiarkan selama 15 menit, kini saatnya ada membuat cilok terenak yang prosesnya cukup mudah. Anda hanya memerlukan satu sendok untuk mengambil adonan tersebut dan bentuk menjadi bulat seperti kelereng dengan kedua telapak tangan anda. 

Lakukan proses tersebut hingga adonan dalam wadah habis.

Didihkan Air untuk Merebus Cilok

Setelah adonan habis. Proses selanjutnya adalah mengambil panci dan masukan sedikit air lalu dicampur minyak dan didihkan di kompor. 

Minyak ini berguna agar cilok yang dimasak tidak lengket atau menyatu satu dengan lainnya, yang membuat sulit ketika dimakan, dan kurang cantik ketika disajikan.

Masukan semua cilok yang sudah selesai dibentuk tersebut, kedalam air yang sudah mendidih. Tunggu hingga silok tersebut mengambang atau mengapung di air yang mendidih itu.

Pembuatan Bumbu Kacang

Sambil menunggu cilok tersebut matang. Anda dapat melakukan proses pembuatan bumbu kacang. 

Pertama haluskan kacang tanah yang sudah digoreng tersebut bersama bawang putih, gula, cabai merah, dan garam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Anda dapat menghaluskannya dengan cobek atau blender, namun untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih anda dapat menghaluskannya dengan cara manual yaitu menggunakan cobek.

Setelah dirasakan sudah halus, masukan bumbu yang sudah hampir menjadi saus kacang tersebut kedalam panci, dan masukan air panas terlebih dahulu aduk hingga merata dan menjadi encer. Lalu didihkan saus kacang setengah matang tersebut, yang sebelumnya sudah di tambahkan kecap manis.

Saus kacang tersebut harus diaduk hingga mengental, proses mengaduk ini pun berguna agar saus tidak lengket di panci.

Setelah mendidih tiriskan saos tersebut kedalam wadah yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

BACA JUGA : RESEP KERIPIK TEMPE

Penyajian Cilok Terenak

Setelah cilok mengapung atau mengambang anda dapat mengangkatnya dan letakkan di dalam sebuah piring cantik. Atau untuk menambah kesan cilok pinggir jalan anda dapat menusuk cilok tersebut layaknya menusuk sate.

Setelah disajikan dalam piring cantik sesuai selera anda. Saatnya tuangkan saus kacang yang sudah matang sebelumnya.

Cilok terenak dan mudah membuatnya sudah siap dinikmati, dengan rasa gurih manis, dan tekstur kenyal yang pas.

Penutup

Nah, sekarang anda sudah tahukan bagaimana membuat cilok terenak dan mudah pembuatannya. Jadi jangan tunda lagi bikin cilok sendiri di rumah agar kebersihannya terjamin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in

Service Center Sony Resmi Sudah Hadir Di Medan

Apakah selama ini kamu pernah mengalami kejadian kerusakan pada smartphone Sony kamu? Akan tetapi kamu membawa service smartphone Sony kamu di sembarang tempat, dalam arti kamu tidak membawa smartphone Sony kamu untuk di service center Sony resmi. Nah akibatnya smartphone Sony kamu bukannya baik malahan tambah rusak. Buat kamu yang tinggal di wilayah Medan, sekarang jangan khawatir ya, sekarang sudah hadir service center Sony resmi yang ada di wilayah daerah Medan. Jadi sekarang buat kamu yang tinggal di Medan sekarng sudah bisa service smartphone Sony nya di service center Sony yang resmi. Dan sekarang jangan pernah lagi ya bawa smartphone Sony rusak kamu untuk di service di sembarang tempat. Service Center Sony Resmi Di Medan Service center Sony resmi di medan ini berlokasi di Jalan Madong Lubis Nomor 42 dan di Jalan   Lebong nomor 11. Di tempat service center Sony resmi ini kamu bukan hanya bisa service smartphone kamu yang bermerk Sony saja, akan tetapi d