Langsung ke konten utama

 

Contoh Alat Musik Tradisional Jawa Tengah 


Contoh alat musik tradisional Jawa Tengah berikut ini bisa menambah wawasan kita mengenai budaya tanah air. Seperti diketahui, bahwa Indonesia punya banyak sekali seni budaya khas tersebar di berbagai daerah.


Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
Sumber: Rumah.com


Salah satunya Jawa Tengah yang punya alat musik tradisional yang hingga kini masih terus dilestarikan meski tergerus zaman. Nah berikut ini daftar alat musik Jawa Tengah  selengkapnya. Simak artikel ini sampai selesai. 


Contoh Alat Musik Tradisional Jawa Tengah


1. Kendang


Sumber: VideoBlocks



Kendang merupakan salah satu contoh alat musik Jawa Tengah, ini adalah instrumen dari musik gamelan. Cara memainkan alat musik kendang dengan ditabuh atau dipukul langsung pakai tangan. Ada beberapa jenis kendang yaitu Ketipung Kecil, Kebar Sedang, dan Kalih besar.


2. Bonang


Sumber: kamerabudaya


Bonang juga merupakan contoh alat musik Jawa Tengah, bagian dari instrumen gamelan sama seperti Kendang. Alat musik bonang hasilkan suara khas. Ada semacam benjolan di atas permukaan bonang, letaknya di tengah bundaran/pencon. Cara memainkanya dengan ditabuh pakai alat pemukul namanya bindhi di benjolan tadi. 



3. Saron


Contoh alat musik tradisional Jawa Tengah lainya ada Saron.  Instrumen musik saron mirip bonang, tapi bukan bundaran, melaonkan menyerupai lempengan bentuknya persegi panjang melengkung, namanya wilahan. Saron merupakan alat musik family balungan. 


Sumber: 4.bp.blogspot.com

Pada satu set alat musik gamelan, ada 4 buah sarpn, semua masuk ke dalam versi slendro dan pelog. Memainkan saron dengan cara memukul atau menabuh memakai alat pemukul mirip palu yang dibuat dari palu. 

4. Demung


Sumber: Shopee

Seperti Saron, alat musik tradisional demung merupakan contoh alat musik Jawa Tengah. Ada dua model demung dengan versi slendro dan versi peloy pada satu set gamelan. Alat musik demung ini hasilkan nara oktaf paling rendah pada keluarga balungan. Wilahan pada demung lebih tipis namun agak lebar dibanding saron. Cara memainkan demung dengan ditabuh untuk hasilkan nada yang diinginkan.

5. Kenong


Sumber: Blogewongjawa



Contoh alat musik Jawa Tengah lainya ada Kenong adalah bagian dari instrumen gamelan jawa, merupakan pengisi harmoni pada pentas gamelan. Cara memainkanya dengan memukul pakai alat pukul khusus, dibuat dari kayu berlilit kain. Pada instrumen gamelan, fungai kenong sebagai penegas urama atau batas gatra.


6. Slenthem


Sumber: Kebudayaan Jawa Tengah



Slenthem adalah contoh alat musik Jawa Tengah yang masuk sebagai salah satu instrumen gamelan. Alat musik ini terdiri dari lempengan atau lembaran logan tipis diuntai pakai tali. Alat musik ini terdiri daei versi pelog dan slendro seperti instrumen gamelan lainya. Cara memainkan slenthem dengan ditabuh atau dipukul, sama seperti memainkan saron, ricik dan balungan.


7. Gong


Gong adalah contoh alat musik Jawa Tengah yang sangat terkenal, di berbagai daerah. Cara memainkan gong dengan memukulnya pakai alat pemukul khusus yang biasanya dibuat dari kayu yang dililit kain. 


Sumber: Wikipedia



Alat musik gong sendiri dibuat dari logam tembaga atau perunggu dengan permukaan bundar. Nada gong akan terdengar sempurna setelah dibersihkan.


8. Siter


Siter atau kecapi ukuran anjangnya  30 cm yang punya senar masing masing 11 dan 13 pasang senar. Kedua sisi terdapat kotak resonator jika senar siter direntangkan.  Menyetel set senar siter menggunakan nada slendro dan pelog.


Sumber: Detik.com


Adapun cara memainkan siter dengan cara memetik dawainya. Cara memainkan siter cukup unik karena harua dimasukan ke dalam kotak. 


9. Kempul


Sumber: Shopee

Contoh alat musik Jawa Tengah berikutnya ada Kempul. Kempul adalah bagian dari set ganelan bersama gong. bentuk kempul mirip gong namun ukuran bentuknya lebuh kecil dan digantung pakai tali. Dibandingkan gong, kempul hasilkan suara lebih tinggi. 

10. Gambang


Gambang merupakan alat musik tradisional terdiri dari 18 bilah bambu. Cara memainkan alat musik Jawa Tengah ini dengan dipukul dengan alat pukul. Biasanya gambang untuk mengisi instrumen gambang krowong.


Sumber: theAsianparent



11. Suling


Suling tentunya sudah dikenal sebagai alat musik populer yang merupakan contoh alat musik Jawa Tengah. Cara memainkanya dengan ditiup, dan dikolaborasikan dengan alat musik lainnya untuk hasilkan nada dan instrumen yang indah. 


Sumber: Tokopedia



12. Gender


Contoh alat musik Jawa Tengah terakhir dalam daftar ini ada Gender. Gender merupakan alat musik yang masuk kategori metalofon, bagian dari gamelan jawa dan bali.


Sumber: Wikipedia


Gender hasilkan sejumlah nada berbeda beda sesuai tangga nada yang digunakan dan punya 10 hingga 14 bilah logam bernada. logam ini dibuat dari kuningan.


Nah, begitulah 12 contoh alat musik tradisonal Jawa Tengah yang biasa digunakan pada acara-acara adat atau ritual di daerah ini. Anda sudah pernah melihat yang mana?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata