Langsung ke konten utama

Contoh Alat Musik Tradisional Bonang Jawa Tengah

Mengenal alat musik bonang

Pernahkah Anda mendengar tentang alat musik bonang? Jika Anda penggemar musik gamelan tradisional, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan alat musik ini. Alat musik Bonang adalah contoh alat musik tradisional Jawa Tengah, Bali dan Sunda sebagai bagian dari alat musik gamelan.

Sumber: Wikipedia

Dilihat dari sejarahnya, oleh karena itu gamelan adalah alat perkusi, kemudian ada instrumen angin dan senar, dalam hal tarian yang dilengkapi dengan vokal. Jadi, awalnya gamelan adalah alat perkusi, salah satu alat musiknya bonang.


Mengenal Alat Musik Bonang

Alat musik bonang dinamai sesuai dengan suaranya, yaitu nong-nang, yang juga dalam bahasa Jawa berarti arah.  Selain itu ada juga singkatan dari bon, yaitu babon, saha nang, yang berarti penang, yang berarti bonang adalah ibu dari kemenangan.

Sesuai dengan asal kata, yaitu nong-nang, fungsi utamanya adalah untuk memandu arah lagu atau lagu gamelan. Ini termasuk mengubah gending lain, atau mengulangi lagu yang sedang diputar.

Jika dilihat dari bentuknya, bonang adalah kumpulan gong kecil yang terbuat dari bahan-bahan seperti tembaga, besi atau kuningan, yang masing-masing memiliki ukuran yang berbeda. Disusun dalam baris dengan pencon (atasan bonang bercahaya) secara horizontal pada tali dalam bingkai kayu atau yang disebut rancakan, terdiri dari satu hingga dua baris.


Jenis Alat Musik Bonang

Dalam gamelan terdapat tiga jenis alat musik bonang, yang masing-masing memiliki ukuran fisik dan set nada yang berbeda. Simak tiga jenis alat musik bonang beserta ciri khasnya di bawah ini!

1. Bonang Penerus

Penerus bonang memiliki ukuran terkecil dari dua jenis bonang lainnya. Meski ukurannya kecil, bonang jenis ini memiliki oktaf tinggi dan kecepatan dua kali lipat dari bonang barung. Karena kecepatan dan nadanya yang tinggi, bonang penerus hanya dapat digunakan untuk lagu-lagu panduan, dan biasanya dimainkan bersama dengan bonang barung dalam lagu-lagu jalin.

2. Bonang Barung

Bonang baru adalah berbagai alat musik bonang ukuran sedang. Jika penerus bonang memiliki oktaf tinggi, kawanan bonang memiliki oktaf dari sedang hingga tinggi. Bonang barung biasanya merupakan salah satu alat musik unggulan dalam gamelan gamelan atau musik gamelan yang melibatkan kombinasi beberapa jenis alat musik yang dapat dimainkan secara harmonis.

Dalam teknik pipilan bee, bonang barung memiliki fungsi mengantisipasi nada-nada yang akan datang dan membimbing lagu-lagu instrumen lainnya. Sedangkan pada teknik reward bee, bonang barung tidak berfungsi sebagai lagu pemandu, melainkan untuk membentuk pola lagu yang terjalin dengan penerus bonang.

Bonang barung juga digunakan sebagai pengantar dan panduan aliran gending dalam gamelan Jawa dan Sunda.


3. Bonang Panembung

Speaker bonang memiliki ukuran terbesar dibandingkan dengan penerus Bonang dan barung bonang, serta memiliki oktaf menengah ke bawah. Hampir setiap artis musik memiliki set bonang barung atau bonang penerus, namun bonang penembung jarang dimiliki oleh masyarakat umum, kecuali untuk komunitas kerajaan, dan hanya ditemukan di set gamelan bergaya Yogyakarta.


Cara memainkan alat musik Bonang

Sumber: MIMO


Perangkat bonang dipukuli dengan dipukuli atau dipukuli dengan kayu yang telah dilapisi dengan kain di bagian belakang disebut bindi. Pemain bonang biasanya duduk di tengah di tepi garis gong oktaf rendah, memegang bindi di kedua tangan.

Ada tiga teknik pemukulan bonang. Teknik pertama adalah memukul dua nada, teknik kedua adalah beberapa nada di bonang dipukuli satu per satu atau disebut mipil, dan teknik ketiga imbal-imbalan.

Nah, begitu lah alat musik tradisonal Jawa Tengah yang bernama Barong, mulai dari jenis hingga cara memainkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata