Langsung ke konten utama

Memulai Bisnis Kuliner Online, Simak Beberapa Tips Berikut

Sebelum Memulai Bisnis Kuliner Online, Yuk Simak Beberapa Tips Berikut di Sini!

Sumber: Google

Ada beragam cara untuk Anda coba ketika ingin menjual makanan secara online. Bisnis kuliner itu sendiri merupakan model bisnis yang tidak lekang oleh zaman. Untuk usaha kuliner online, bisa memanfaatkan sosial media, lewat marketplace atau cara membuat bisnis makanan online lainnya. 

Setelah ada ide matang, Anda dapat mempelajari strategi pemasaran online yang semakin dimudahkan juga lewat beberapa aplikasi pendukung. Ada pun keuntungan berjualan makanan via online yang cukup efektif terutama Anda yang masih belum punya toko fisik atau offline. 

Kali ini kita akan membahas panduan melakukan bisnis kuliner secara online. 

Manfaatkan media sosial

Sumber: Hipwee

Media sosial sekarang ini bukan hanya bisa menjadi tempat terbaik untuk membagikan momen, dan chatting. Media sosial semakin sering diandalkan untuk keperluan pemasaran, pekerjaan, dan bisnis. 

Cara berjualan makanan kekinian lewat online yang tepat tidak lepas dari peran media sosial. Anda bisa memanfaatkan berbagai sosial media mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, Telegram atau WhatsApp. 

Meski begitu, pemasaran yang lebih tepat yaitu dengan melalui Instagram lewat berbagai fitur yang ada di dalamnya. Lewat media sosial, bisnis kuliner bisa dikenal oleh banyak orang untuk menunjang target orderan. 

Daftarkan ke aplikasi online

Sumber: Zukunftsinsitut

Maksudnya yaitu toko atau usaha kuliner anda harus didaftarkan ke aplikasi pemesanan makanan. Sekarang ini sudah semakin banyak aplikasi yang menghadirkan layanan seperti ini.

Mulai dari Gofood lewat aplikasi Gojek, Grab, Shopee Food, dan lain sebagainya. Lebih baik jangan lewatkan kesempatan satu ini karena sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan dan membuat bisnis kuliner anda lebih dikenal.

Untungnya melakukan ini semakin tinggi jika semakin banyak orang-orang yang sering memesan makanan lewat aplikasi online tersebut. Apa lagi kalau pihak pengelola aplikasi sering memberikan promo dan marketing yang terbaik. Maka pemilik resto pun nantinya akan lebih diuntungkan. 

Baca juga: Resep Cilok Terenak dan Mudah Dibuat

Rutin memberikan promo

Sumber: Orba

Promo yang biasa ada pada bisnis kuliner sangat beragam. Biasanya yang lebih banyak promo adalah di aplikasi pemesanan makanan. Tapi anda tetap bisa menghadirkan tawaran promo untuk makan di tempat.

Meski ikut dengan program promo dari aplikasi, pastikan tidak rugi juga dengan program tersebut. Jika mengikuti program promo, maka resto anda bisa lebih dikenal dan lebih menjadi pilihan prioritas untuk konsumen.

Hal ini tidak lepas dari peran aplikasi yang menempatkan resto anda lebih utama karena masuk dalam program diskon atau promo tertentu. Agar keuntungan tetap terjaga, perhatikan harga menu, dan fee yang ada pada program tertentu.

Ramah ke pengantar makanan 

Sumber: Suara.com

Tak hanya ramah ke pelanggan saja, tetapi kamu harus ramah juga terhadap kurir atau pengantar online. Dikarenakan bisnis kuliner online lebih sering interaksi dengan orang-orang tersebut, maka lebih baik jalin hubungan baik juga agar usahamu nantinya dimudahkan lewat berbagai cara.

Jangan lupakan inovasi produk

Sumber: IDN Times

Tips satu ini dapat menjadi eksistensi bisnis kuliner atau toko makanan Anda supaya selalu stabil dikenal orang-orang. Ditambah juga apabila inovasi bisnis kuliner tersebut sebelumnya tak pernah ada atau dirasa terbaru dalam dunia kuliner.

Jika seperti itu, maka citra brand bisnis makanan Anda semakin mudah dikenal. Inovasi yang dilakukan dalam berbisnis kuliner tidak lepas dari trend makanan/ minuman saat itu. Tapi bisa juga membuat menu yang terbaru asa disiapkan dengan matang.

Kalau memang menu terbaru tersebut berkualitas, tentunya bisnis kuliner anda bisa menjadi trendsetter tersendiri. 

Baca juga: Kelebihan Huawei MatePad 11, Tablet Untuk Kerja


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in