Langsung ke konten utama

Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya di Indonesia

Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya di Indonesia, Simak di Sini!

Sumber: Belajar Ekonomi

Kamu tentu pernah kan mendengar istilah perekonomian mikro? Istilah ekonomi makro dipakai saat produsen dan konsumen akan melakukan sebuah kegiatan perekonomian. Bagaimana jenis ekonomi mikro ini dapat mempengaruhi kehidupan perekonomian sehari – hari di Indonesia? 

Yuk cari tahu dengan menyimak penjelasan dibawah ini tentang apa yang dimaksud dengan ekonomi mikro beserta contoh – contohnya di Indonesia. 

Pengertian Ekonomi Mikro

Sumber: Money Kompas.com

Secara keilmuan, pengertian ekonomi mikro adalah suatu ilmu ekonomi yang menganalisis, melihat proses kegiatan – kegiatan ekonomi, serta mempelajari perilaku produsen dan konsumen beserta penentuan harga pasar, jasa, produk, juga kuantitas faktor input yang diperdagangkan dalam pasar. 

Contoh – Contoh Ekonomi Mikro di Indonesia

Sumber: Akuntansi Lengkap

Terjadinya proses ekonomi mikro dapat dilihat saat produsen dan konsumen akan melakukan kegiatan ekonomi. Adapun contoh – contoh ekonomi mikro yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

Permintaan

Permintaan adalah jumlah barang dan jasa dalam tingkat harga pada waktu tertentu yang diminta dan juga mampu dibeli oleh konsumen. Saat ada permintaan, terutama saat harga barang dan jasa semakin tinggi, maka jumlah permintaan terhadap barang dan jasa tersebut akan semakin turun. 

Sebaliknya, saat harga barang dan jasa semakin rendah, maka permintaan konsumen terhadap barang dan jasa tersebut akan semakin tinggi pula. 

Baca juga: Memulai Bisnis Kuliner Online, Simak Beberapa Tips Berikut

Penawaran

Penawaran bisa diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual atau ditawarkan kepada pihak produsen maupun penjual dengan berbagai tingkat harga dan hanya pada waktu – waktu tertentu saja. Dalam hal penawaran, produsen merupakan pelaku yang melakukan penawaran. 

Dalam teori penawaran yang berlaku adalah semakin tinggi harga barang dan jasa, maka akan semakin tinggi juga jumlah yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang dan jasa, maka akan semakin turun juga jumlah yang ditawarkan. 

Perilaku Konsumen Dan Produsen

Contoh ekonomi mikro selanjutnya adalah perilaku konsumen dan produsen yang diartikan sebagai segala aktivitas dan proses yang dilalui oleh seseorang dalam pemilihan, pencarian, pembelian, pengevalusian, serta penggunaan barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhannya. 

Harga

Biasanya contoh ekonomi mikro yang terjadi di Indonesia ini berhubungan dengan suatu nilai barang dan diwujudkan dengan uang. Fungsi harga adalah sebagai alat ukur nilai suatu barang dan jasa. Saat harga ditentukan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan harga seperti kondisi perekonomian, kurva permintaan, dan biaya. 

Biaya Dalam

Contoh ekonomi mikro selanjutnya di Indonesia adalah biaya yang lebih diartikan sebagai pengorbanan yang dilakukan perusahaan maupun seseorang agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari berbagai aktivitas yang dilakukan. Biaya juga bisa mempengaruhi terjadinya perubahan harga seperti biaya bahan baku yang tinggi akibat harga produk naik. 

Dalam ekonomi, biaya juga disebut dengan istilah cost karena tujuan dikeluarkan biaya ini adalah agar output produksi yang dihasilkan dapat tercapai sesuai target. 

Pasar

Pasar juga menjadi contoh ekonomi mikro yang terjadi di Indonesia. Pasar sendiri adalah suatu tempat atau wadah dimana penjual dan pembeli akan bertemu langsung untuk melakukan transaksi jual beli. Namun, sebenarnya pengertian pasar tidak harus melulu berkaitan dengan bentuk fisik karena pada dasarnya pasar tidak memiliki letak geografis dan dapat dilakukan secara daring. 

Itulah pengertian ekonomi mikro beserta contoh – contohnya yang terjadi di Indonesia. Biasanya ada 2 unsur yang menjadi faktor pembentukan ekonomi di suatu negara yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. 

Baca juga: Cara Membeli Emas di Pegadaian Tunai


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in