Langsung ke konten utama

Syarat, Cara, Biaya Urus Balik Nama Sertifikat Rumah Lewat PPAT

Syarat, Cara, dan Biaya Urus Balik Nama Sertifikat Rumah Lewat PPAT, Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Prospeku

Saat hendak membeli rumah bekas hingga take over rumah, terdapat syarat wajib yang harus kamu lakukan yaitu proses balik nama. Proses balik nama sertifikat rumah memang perlu dilakukan untuk mengganti status kepemilikan lama ke pemilik baru melalui pergantian SHM. 

Pada proses pembelian rumah bekas memang sangat penting melakukan upaya balik nama sertifikat. Karena hal itu sangat sensitif yang mana kerap menimbulkan sengketa antara penjual dan pembeli atas hak kepemilikan tanah atau bangunan. 

Lebih parahnya lagi, kasus sengketa hak kepemilikan tersebut tidak hanya terjadi kepada mereka yang tidak saling kenal saja, namun juga dialami oleh mereka yang saling kenal karena memiliki hubungan keluarga atau saudara. 

Untuk melakukan balik nama sertifikat rumah terdapat beberapa syarat dan sejumlah biaya yang perlu disiapkan. Lantas, apa saja syarat balik nama sertifikat rumah dan berapa biayanya? 

Kamu bisa mengurus balik nama sertifikat rumah secara mandiri atau meminta bantuan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Namun, jika kamu tidak ada waktu mengurusnya sendiri dan ingin meminta bantuan PPAT, maka berikut ini akan dijelaskan syarat, cara, dan biaya mengurus balik nama sertifikat rumah dengan meminta bantuan PPAT :

1. Syarat Balik Nama Sertifikat Rumah Dengan Meminta Bantuan PPAT 

Sumber: Rumah123.com

Jika memilih balik nama sertifikat rumah dengan meminta bantuan PPAT, maka kamu harus menyerahkan sejumlah dokumen permohonan balik nama sertifikat rumah, diantaranya yaitu :

  • Dokumen sertifikat tanah asli
  • Dokumen KTP pembeli dan penjual
  • Dokumen Akta Jual Beli Rumah dari PPAT
  • Dokumen bukti pelunasan Surat Setoran Bea Perolehan
  • Dokumen Hak Atas Tanah dan Bangunan (SSB BPHTB)

2. Cara Dan Biaya Balik Nama Sertifikat Rumah Dengan Meminta Bantuan PPAT 

Sumber: BeritaBanten.com

Adapun cara dan biaya balik nama sertifikat rumah dengan meminta bantuan PPAT adalah sebagai berikut :

  • Pengecekan Sertifikat

Pengecekan sertifikat hak milik rumah ini dilakukan di kantor BPN setempat dengan tujuan untuk mengetahui legalitas serta keabsahan sertifikat rumah. 

Biaya pengecekan sertifikat yang harus dikeluarkan di setiap daerah berbeda – beda, namun umumnya sebesar Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000. 

  • Validasi Pajak 

Untuk melakukan balik nama sertifikat rumah, baik penjual maupun pembeli harus memenuhi tanggung jawabnya untuk membayar pajak seperti PPh, PBB, dan BPHTB. 

Adapun biaya notaris atau PPAT yang harus dibayarkan adalah mulai dari Rp. 200.000 atau berupa kesepakatan yang sudah ditentukan bersama. 

  • Biaya AJB

AJB adalah dokumen pernyataan peralihan hak tanah dari pemilik lama ke pemilik baru, dan proses pembuatanAJB juga tentunya membutuhkan sejumlah biaya. 

Pembuatan AJB dilakukan oleh PPAT dan dalam penerbitannya harus dibayar oleh kedua pihak, yaitu sebesar 5 persen dari nilai transaksi. 

Namun dalam hal penentuan biaya, biasanya antara pihak PPAT, penjual, dan pembeli sudah memiliki kesepakatan harga. Untuk proses pembuatannya sendiri biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3 bulan. 

  • Biaya Lainnya

Selain itu, ada juga sejumlah biaya lain yang harus dibayarkan dalam proses peralihan hak atau balik nama sertifikat seperti Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). 

Proses peralihan hak ini membutuhkan biaya sebesar 5 persen dari harga jual yang dikurangi dengan Nilai Perolehan Objek Tidak Kena Pajak. 

Kemudian dibutuhkan juga biaya pelayanan informasi untuk Niai Tanah atau Nilai Aset Properti per bidang dan biaya pengecekan sertifikat tanah dengan biaya mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000.

Baca juga: MD Pictures Jual Saham Untuk Produksi Lebih Banyak Film 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in