Langsung ke konten utama

5 Jenis Koperasi dan Contohnya Menurut UU Nomor 17 Tahun 2012

5 Jenis Koperasi dan Contohnya Menurut UU Nomor 17 Tahun 2012, Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Google

Contoh koperasi bisa kita jumpai dengan mudah di sekitar kita. Jenis koperasi yang paling umum yaitu koperasi di sekolah dan koperasi karyawan di suatu perusahaan. Bentuk usaha dari koperasi sendiri bermacam – macam tergantung kesepakatan antara pengurus dan anggota koperasi yang bersangkutan. 
Tujuan mendirikan koperasi adalah untuk meningkatkan taraf ekonomi para anggotanya. Selain itu, tujuan koperasi juga untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945.

Keberadaan koperasi berperan penting dalam membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, terutama para anggota koperasi. Karena itu, pemerintah juga berusaha mendorong masyarakat agar mengembangkan koperasi sebagai badan usaha yang berasaskan kekeluargaan serta gotong royong. 

Untuk jenis koperasi di Indonesia bisa dibedakan menjadi beberapa golongan. Adapun jenis koperasi dan contoh koperasi menurut Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2012 adalah sebagai berikut :

Koperasi Simpan Pinjam

Sumber: Pinhome

Koperasi simpan pinjam adalah salah satu jenis koperasi yang banyak ditemukan disekitar kita. Bidang usaha koperasi simpan pinjam adalah sebagai wadah kegiatan menabung atau simpanan dari para anggotanya. 

Dana tabungan atau simpanan dari para anggota tersebut nantinya akan digulirkan kembali dalam bentuk kredit atau pinjaman kepada anggota koperasi lainnya dengan bunga yang ringan. Anggota bisa menabung uang di koperasi ini dengan aman. Jika nanti membutuhkan uang, anggota bisa mengambil uang tabungannya. Selain itu, anggota koperasi juga bisa mengajukan pinjaman uang dengan persyaratan yang mudah dan bunga ringan. 

Salah satu contoh koperasi simpan pinjam yang bisa dijumpai di sekitar kita adalah koperasi simpan pinjam yang dibina oleh Bank Bukopin, yakni Bukopin Swamitra. 

Koperasi Produksi

Sumber: Lampumerah.id

Koperasi produksi merupakan koperasi yang dibentuk untuk mewadahi kebutuhan dari para produsen skala rumahan di suatu daerah. Jenis koperasi ini menjual hasil produksi yang berasal dari para anggotanya. Dengan adanya koperasi produksi, maka anggota koperasi akan terbantu usahanya. 

Salah satu contoh koperasi produksi adalah koperasi tani salak pondoh. Para petani salak pondoh bisa menyetorkan hasil panen salaknya ke koperasi ini dengan harga yang layak. Kemudian koperasi produksi akan menyalurkan hasil panen para anggotanya kepada pasar yang lebih luas. 

Koperasi Konsumen

Sumber: Kompas.com

Koperasi konsumen adalah jenis koperasi yang menjual barang – barang konsumsi sesuai dengan kebutuhan sehari – hari para anggotanya. Koperasi konsumen bisa berbentuk toko kelontongan atau mini market. 

Salah satu contoh koperasi konsumen adalah koperasi mahasiswa di sebuah kampus. Koperasi konsumen menyediakan barang – barang kebutuhan mahasiswa seperti makanan dan alat tulis. Koperasi ini juga menjual kebutuhan para mahasiswa dalam aktivitas sehari – hari di kampus. 

Koperasi Jasa

Sumber: Maxmanroe.com

Koperasi jasa adalah salah satu jenis koperasi di Indonesia yang mirip dengan koperasi produksi. Namun bedanya, komoditas yang ditawarkannya berupa jasa. Koperasi jasa dibentuk dengan tujuan untuk mewadahi para anggota yang memiliki usaha di bidang jasa. 

Salah satu contoh koperasi jasa adalah koperasi jasa becak wisata di keraton. Koperasi ini dibentuk untuk mewadahi para pengemudi becak yang digunakan sebagai moda transportasi bagi para wisatawan yang berkunjung ke keraton. 

Dengan kehadiran koperasi ini, maka para anggota koperasi atau para pengguna jasa menjadi lebih nyaman dan keduanya sama – sama diuntungkan. 

Koperasi Serba Usaha

Sumber: Blog Transfez

Koperasi serba usaha merupakan jenis koperasi yang dibentuk untuk mencapai tujuan bersama para anggota koperasi. Bidang usaha koperasi serba usaha mencakup produksi, konsumsi, jasa, dan simpan pinjam. Tergantung dari kesepakatan para anggota koperasi. 

Salah satu contoh koperasi serba usaha adalah koperasi karyawan di suatu perusahaan. Koperasi tersebut bisa berupa toko kelontong dan kantin untuk makan karyawan. Selain itu, koperasi serba usaha ini juga bergerak sebagai koperasi simpan pinjam sekaligus melayani jasa out sourcing karyawan bagian kebersihan dan keamanan di perusahaan tersebut.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in