Langsung ke konten utama

Masuk Fortune 500 Indonesia, Pertamina Ungguli Perusahaan Asing

Pertamina Masuk Daftar Fortune 500 Indonesia Ungguli Perusahaan Raksasa Dunia

Sumber: CNBC Indonesia

Banyak orang tidak menyangka, dalam daftar Fortune 500 Indonesia bisa mengungguli perusahaan raksasa dunia. Pertamina menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil mengungguli Tesla, Coca-cola, hingga Danone. 

Dalam daftar tersebut, peringkat dihitung berdasarkan pendapatan terbesar dari perusahaan di seluruh dunia. Pertamina sendiri dalam Global Fortune 500 yang diluncurkan pada 2021 tersebut, menempati posisi ke 287.

Kamu pasti penasaran mengapa Pertamina mampu bersaing dengan perusahaan populer di dunia tersebut, bukan? Simak ulasannya berikut!

Pertamina Posisi 287 

Sumber: Detikcom

Total pendapatan Pertamina yang mampu mencatatkan namanya di daftar perusahaan bergengsi ini adalah sebesar USD 41,47 miliar. Dari total tersebut Pertamina ternyata berada di posisi 287 dan berada jauh di atas beberapa perusahaan populer di dunia.

Beberapa perusahaan yang sangat familiar di telinga seperti Coca-Cola berada di peringkat 370, Repsol berada di peringkat 381, Tesla hanya menempati peringkat ke 392, dan Danone malah hanya berada di posisi 454 saja.

Kondisi tersebut tidak terlepas dari kepiawaian Pertamina dalam mengatasi krisis saat pandemi Covid-19 yang lalu. Bahkan jika perusahaan lainnya merugi, Pertamina ternyata mampu menambah labanya sebesar USD 1,05 miliar.

Namun, di antara perusahaan migas dunia, Pertamina ternyata masih berada jauh di bawah. Beberapa perusahaan migas dunia yang masuk ke dalam daftar ini seperti BP berada di peringkat 18, Shell di peringkat 19, Exxon Mobil di peringkat 23, Chevron di peringkat 75, dan Petronas di peringkat 277.

Baca juga: 7 Sumber Kekayaan Rudy Salim, Crazy Rich yang Viral

Capaian Pertamina ini memang sangat membanggakan masyarakat Indonesia. Namun di sisi lain, ternyata masih banyak perusahaan migas yang berada jauh di atas Pertamina. Apalagi Petronas yang merupakan perusahaan migas asal Malaysia, ternyata masih berada 10 tingkat di atas Indonesia.

Tentunya hal ini masih memberikan PR besar kepada Pertamina untuk mengejar ketertinggalan. 

Berkah di Tengah Kesulitan

Sumber: PONTAS.id

Keberhasilan Pertamina masuk dalam daftar Fortune 500 ini ternyata tidak begitu mulus. Hal ini bisa dilihat dari kondisi di saat pandemi, hampir semua perusahaan mengalami penurunan pendapatan. Begitu juga dengan Pertamina yang bahkan mengalami triple shock.

Masalah tersebut membuat manajemen Pertamina berinovasi dengan berbagai macam strategi. Mulai dari melakukan efisiensi dalam setiap produksi, melakukan transformasi organisasi di tubuh pertamina, dan banyak lagi langkah lainnya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Ternyata kesulitan yang dihadapi tersebut mampu diatasi dengan sangat baik dari berbagai langkah inovasi tersebut. langkah-langkah inovatif tersebut tidak hanya mengeluarkan Pertamina dari masalah saja, melainkan juga mampu memberikan dampak positif yang sangat signifikan.

Hal itu dibuktikan dari total pendapatan Pertamina sebesar USD 41 miliar. Selain itu, Pertamina juga mencatatkan laba bersih hingga mencapai USD 1,05 miliar. Jumlah pendapatan di 2020 itulah yang menjadi dasar Fortune memasukkan Pertamina masuk dalam daftar Fortune 500.

Kontribusi Pertamina untuk Pendapatan Negara

Sumber: Prosple

Pendapatan besar yang didapatkan Pertamina juga menjadi salah satu pendapatan negara. Kontribusi yang diberikan Pertamina sebesar Rp 200 triliun. Pendapatan negara tersebut didapatkan dari setoran pajak, deviden, penerimaan negara bukan pajak, penerimaan negara dari minyak mentah dan kondensat, dan dari blok-blok migas.

Sebagai BUMN pastinya Pertamina menjadi aset yang sangat penting bagi Indonesia. Apalagi potensi untuk terus tumbuh dan berkembang masih sangat terbuka luas.

Itulah mengapa Pertamina mampu masuk ke dalam daftar Fortune 500 bahkan mengungguli perusahaan besar dunia. Peluang pertumbuhan Pertamina masih terbuka lebar, mengingat Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat besar.

Baca juga: 3 Restoran di Langham Jakarta yang Berkelas dan Mewah

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in