Langsung ke konten utama

Perbedaan Pajak dan Retribusi dari Karakteristiknya

Perbedaan Pajak dan Retribusi dari Karakteristiknya, Simak di Sini!

Sumber: Flazztask

Pajak dan Retribusi sering kali sulit dibedakan. Hal ini dikarenakan pajak dan retribusi bersifat pungutan yang merupakan pemasukan negara untuk menjalankan operasional.

Pajak dan retribusi memberikan banyak manfaat kepada masyarakat salah satunya untuk mendapatkan pelayanan umum yang memadai. Perbedaan pajak dan retribusi sebenarnya bisa dibedakan dengan mengetahui karakteristik serta penggunaan dananya.

Untuk dapat membedakan pajak dan retribusi secara jelas. Mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Ciri-ciri pajak

Sumber: Majoo

Salah satu cara untuk melihat perbedaan pajak dan retribusi adalah dengan mengenal ciri-ciri atau karakteristik dari keduanya. Berikut adalah ciri-ciri pajak:

Pajak merupakan pungutan yang sifatnya dapat dipaksakan. Dalam peraturan perundang-undangan wajib pajak yang tidak memenuhi kewajiban perpajakannya bisa dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Hasil pajak apabila terdapat kelebihan digunakan untuk membiayai pengeluaran pemerintah. Kemudian sisanya digunakan untuk investasi public.

Undang-undang menjadi dasar dipungutnya pajak. Wakil rakyat bersama pemerintah membuat dasar undang-undang pemungutan pajak yang harus dilakukan oleh negara.

Jasa timbal balik atau kontraprestasi yang didapatkan  dari pajak tidak bisa ditunjukan secara langsung. Salah satu manfaat yang dirasakan wajib pajak adalah rasa aman perlindungan negara, perlindungan negara ini didapatkan dari negara yang mampu membiaya operasional keamanannya dari hasil pajak yang dibayarkan wajib pajak.

Baca juga: Daftar Perusahaan Asing yang Berjaya di Indonesia

Pemungutan pajak dilakukan karena adanya peristiwa, perbuatan, dan keadaan yang membuat seseorang tertentu mendapatkan kedudukan.

Keperluan pembiayaan umum perintah yang dilaksanakan untuk menjalankan fungsi pemerintah dibiayai dari pemungutan pajak.

Pajak juga sebagai alat untuk melaksanakan kebijakan negara dalam sektor ekonomi sosial. Jadi pajak bukan hanya sebagai fungsi anggaran semata.

Ciri-ciri Retribusi

Sumber: MASERP

Perbedaan pajak dan retribusi dapat dilihat dari karakteristiknya. Retribusi umumnya berhubungan dengan imbalan atau jasa yang didapat secara langsung.

Contoh dari retribusi adalah membayar air, listrik, dan masuk ke tempat wisata tertentu. Ciri lain dari retribusi yaitu:

  • Pemungutan retribusi dilakukan berdasarkan peraturan umum yang berlaku.
  • Pelayanan umum dibiayai dari hasil retribusi
  • Setiap individu yang membayar retribusi akan secara langsung mendaraskan timbal baliknya.

Perbedaan Pajak dan Retribusi

Sumber: Spenmo Blog

Setelah mengetahui ciri-ciri dari keduanya, sekarang kamu lebih mudah untuk mengetahui perbedaan pajak dan retribusi. Perbedaan yang paling dirasakan masyarakat dari pajak dan retribusi adalah dari jasa timbal balik.

Masyarakat tidak secara langsung mendapatkan timbal balik atau kontraprestasi dari membayar pajak. Sedangkan retribusi akan memberikan timbal balik secara langsung pada setiap individu yang membuat retribusi baik imbalan ataupun jasa.

Perbedaan pajak dan retribusi lainnya yaitu dari layanan dan fasilitas pemerintah. Layanan dan fasilitas pemerintah yang digunakan dari hasil retribusi cenderung lebih mirip bisnis swasta, sebab layanan dan fasilitas tersebut tidak jelas permintaan yang sebenarnya untuk layanan dan fasilitas yang dibuat.

Meskipun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, tapi dalam prakteknya perbedaan pajak dan retribusi masih sering kabur atau sulit dibedakan. Sebab sering terjadi dalam politik pajak dilabeli sebagai retribusi.

Perbedaan pajak dan retribusi lainnya yaitu pajak wajib dibayar oleh wajib pajak dan tidak harus ditujukan untuk fasilitas atau layanan tertentu yang benar-benar digunakan atau menguntungkan wajib pajak tersebut. Sedangkan retribusi dibayarkan berdasarkan fasilitas atau layanan yang nantinya atau sudah digunakan oleh orang tersebut.

Retribusi dibayarkan untuk mendapatkan keperluan akses produk, fasilitas atau layanan public. Hasil dari retribusi umumnya akan masuk ke investasi yang dilakukan pemerintah yang digunakan untuk layanan, fasilitas, dan produk yang ditujukan untuk masyarakat.

Baca juga: Komponen Vital dalam Sistem Ekonomi Liberal

Sumber: https://beritakubaru.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in