Langsung ke konten utama

Cara yang Mudah Untuk Meminimalisir Masalah Jet Lag

Cara yang Mudah Untuk Meminimalisir Masalah Jet Lag, Simak di Sini!

Sumber: Halodoc

Pernahkah kamu mengalami masalah jadwal tidur yang menjadi kacau akibat berpergian melewati zona waktu yang berbeda? Nah, kondisi tersebutlah yang sering disebut dengan istilah jet lag. Tentu saja masalah jet lag ini bisa menyebabkan jam biologis tubuh kita menjadi terganggu. 

Padahal, jam biologis tubuh (sirkadian) adalah sistem yang dimiliki tubuh untuk mengendalikan atau mengatur kapan waktunya kita harus tidur dan terbangun. Namun kabar baiknya, jet lag ini bukanlah sebuah masalah yang serius. 

Kendati demikian, jet lag yang dialami oleh para lansia (lanjut usia) akan memerlukan waktu yang lebih laa lagi untuk bisa pulih. Adapun mengenai beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir masalah jet lag seperti di bawah ini:

Cara Meminimalisir Jet Lag

Sumber: Travel Kompas
  • Pilihlah jadwal penerbangan yang dapat memungkinkan ita bisa sampai di tempat tujuan pada siang atau sore hari. Setelah itu, usahakan tubuhmu tetap terjaga sampai jam 10 malam waktu setempat. Seandainya sudah merasa sangat ngantuk, sebaiknya kamu tidur dengan durasi sekitar 2 jam. 
  • Saat berada di dalam pesawat, maka kamu harus meruah arloji ke zona waktu tujuan.
  • Disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman yang beralkohol dan berkafein selama 4 jam sebelum tidur. Pasalnya, kedua jenis minuman tersebut justru akan membuat kamu sulit untuk tidur. 
  • Ketika sudah sampai di tempat tujuan, hindari mengonsumsi makanan-makanan berat. Selain itu, kamu juga jangan melakukan olahraga berat menjelang waktu tidur. 
  • Jika dirasa sulit tidur, maka kamu bisa menggunakan penutup telinga dan penutup mata. Ya, kedua benda tersebut bertujuan untuk membantu dalam mengurangi suara berisik maupun cahaya yang dapat mengganggu tidur di dalam pesawat.
  • Pastikan tubuhmu terkena sorotan sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari akan berperan sebagai stimulan kuat untuk mengatur jam biologis. Apabila hanya berdiam diri di dalam ruangan pesawat, justru bisa memperburuk gejala jet lag. 
  • Untuk meredakan gejala akibat kondisi jet lag, tentu saja kamu harus mendapatkan waktu tidur yang mencukupi.   

Berbagai Hal yang Menjadi Pemicu Jet Lag

Sumber: Los Angeles Times
  • Semakin banyak zona waktu yang di lewati, maka potensi terjadi jet lag akan semakin besar juga.
  • Terbang ke arah timur bisa membuat seseorang lebih rentan mengalami jet lag ketimbang terbang ke arah barat.
  • Orang yang berprofesi sebagai pilot, pramugari, serta para pelancong bisnis memiliki peluang yang lebih besar terkena jet lag.
  • Orang yang lanjut usia memerlukan waktu yang lebih banyak agar bisa pulih dari jet lag ketimbag orang berusia muda.

Berbagai Gejala Jet Lag

Sumber: Mashable

Selain tubuh yang merasa kelelahan, kamu juga akan merasakan berbagai gejala lainnya saat mengalami jet lag. Adapun mengenai berbagai gejala dai jet lag yang harus kamu ketahui seperti di bawah ini:
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Terjadi perubahan mood serta mudah tersinggung
  • Mudah lupa, sakit kepala, dan mual
  • Terjadi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit
  • Mengalami gangguan pergerakan tubuh, dan terjadi dehidrasi
  • Gangguan kecemasan dan jantung berdebar kencang.
Apabila tips diatas tadi dirasa tidak terlalu berpengaruh untuk mengurangi gejala jet lag, sebaiknya kamu langsung periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. 

Dengan begitu, maka dokter akan memberikan resep obat tidur atau obat penenang guna mengatasi masalah jet lag. Meski demikian, obat tidur tersebut didak sepenuhnya bisa mengurangi gejala jet lag di siang hari lho!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in