Langsung ke konten utama

Langkah Kemenkop Untuk Mendorong UKM Lebih Banyak Ekspor

Langkah Kemenkop Untuk Mendorong UKM Lebih Banyak Ekspor, Simak di Sini!

Sumber: JNews Online

Berita ekonomi hari ini, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing, Yulius membeberkan bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi UKM untuk melangkah ke pasar ekspor.

Adapun beberapa kendala tersebut antara lain pengetahuan yang minim tentang selera pasar (market intelligence) dan dokumen persyaratan di negara tujuan, kualitas produk yang tidak konsisten, kapasitas produksi yang terbatas dan kesinambungan produksi, serta tidak murahnya biaya sertifikasi, hingga kendala logistik.

Untuk informasi lebih lengkap, simak fakta – fakta menarik dibawah ini terkait beberapa kendala yang dihadapi UKM untuk melangkah ke pasar ekspor.

1. Kemenkop Akan Mendorong Lebih Banyak UKM Yang Siap Ekspor Tahun 2022

Sumber: Antara News

Lanjut Yulius, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) akan mendorong lebih banyak UKM yang siap ekspor tahun 2022 ini. Antara lain dengan cara memfasilitasi sertifikat dukungan ekspor bagi UKM, sekolah ekspor, pelatihan UKM ekspor, pembiayaan ekspor, sistem informasi ekspor, pameran berskala internasional, jadwal pengiriman container, dan kerjasama peningkatan ekspor yang lainnya. 


Menurutnya, melalui sinergi kolaborasi dengan seluruh stakeholder, diharapkan akan meningkatnya kontribusi ekspor UMKM. Dia pun mengapresiasi diadakannya sekolah ekspor yang selama ini sudah berkontribusi banyak untuk turut serta dalam meningkatkan ekspor nasional, melalui pendidikan calon eksportir di Indonesia. 

Yulius menilai sekolah ekspor dapat melahirkan semakin banyak eksportir baru dari generasi Milenial dan generasi Z untuk menciptakan wirausaha serta eksportir baru yang sangat dibutuhkan negara saat ini. 

2. Transformasi Ekonomi Ke Industri 4.0 Mendorong Penggunaan Teknologi dan Digital

Sumber: MNews.co.id

Yulius memaparkan bahwa para mahasiswa yang terlibat dalam program Kampus Merdeka dan melakukan magang atau studi independen melalui program Studi Independen Bersertifikat Menjadi Eksportir Baru 4.0 yang dilaksanakan di sekolah ekspor, diharapkan nantinya akan benar – benar menjadi wirausaha pelaku ekspor. 

Bagi dia, transformasi ekonomi ke industri 4.0 tersebut mendorong penggunaan teknologi dan digital. Sehingga menyebabkan beralihnya pola konsumsi masyarakat ke daring (online) serta mengharuskan UKM Indonesia untuk beradaptasi secara khusus jika ingin menembus pasar ekspor dan bersaing dengan produk – produk dari luar negeri. 

Sementara itu, Handito Joewono selaku Kepala Sekolah Ekspor mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan dukungan dari Kemenkop UKM dan BNI Xpora dalam Penyelenggaraan Program Exhibition dan Business Matching juga peresmian Digital Export Summit 2022. 

Program tersebut diharapkan bisa memberikan semangat awal ditahun 2022. Yulius berucap, adanya kegiatan – kegiatan tersebut diharapkan dapat mencetak dan mendorong eksportir – eksportir baru. 

3. Melalui Sinergi Kolaborasi Dengan Seluruh Pemangku Kepentingan Diharapkan Kontribusi Ekspor UKM Meningkat

Sumber: MNews.co.id

Yulius mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong lebih banyak UKM yang siap ekspor ditahun 2022. Melalui sinergi kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), diharapkan akan meningkatnya kontribusi ekspor UMKM. 

Selain itu, kolaborasi dengan perusahaan internasional Jerman juga yang beroperasi dalam bidang kerja sama pembangunan bernama Deutsche Gesellschaft Fur Internasionale Zusammenarbeit GmbH (GIZ) melalui laman Small and Medium Enterprises Station (SMEsta) milik Kemenkop dan UKM. Kemudian, melalui portal ASEAN Access untuk mengakses informasi perdagangan dan pasar di tingkat Asia Tenggara, serta kerjasama dengan Swiss Import Promotion Programme (SIPPO) untuk pengembangan produk rempah. 

Berdasarkan data, jumlah ekspor Indonesia meningkat selama triwulan II 2021 dengan nilai ekspor naik 22,71 % dibandingkan dengan triwulan III 2020 sebesar 17,24 %. Jumlah kontribusi ekspor UMKM pun naik dari 14,37 % pada tahun 2020 menjadi 15,69 persen ditahun 2021. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in