Langsung ke konten utama

Seputar Diversifikasi: Pengertian dan Tujuannya dalam Investasi

Seputar Diversifikasi: Pengertian dan Tujuannya, Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Akuntansi dan Keuangan Terapan

Diversifikasi adalah salah satu strategi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan ternama di dunia dan dianggap sebagai strategi terbaik. Pelaksanaan diversifikasi ini memang terbukti bisa meningkatkan profitabilitas dari bisnis yang Anda jalankan, serta mengamankan keuangan saat salah satu produk tidak laku di pasaran. Lantas, apa yang dimaksud dengan diversifikasi? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Diversifikasi?

Sumber: Jurnal.id

Jika ditanya apa itu diversifikasi? Diversifikasi adalah memproduksi beberapa produk sekaligus dengan unsur intrinsik yang mirip, namun tetap mempunyai perbedaan dari segi yang lain. Misalnya saja jenis, ukuran, brand dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan diversifikasi lainnya. Seperti penyedia bahan baku, cabang perusahaan dan juga investasi. Sebagai contoh, perusahaan X membuka cabang perusahaan Y dan Z dengan memproduksi produk yang sama. Saat di pasar, perusahaan Y dan Z terlihat bersaing ketat untuk memperebutkan konsumen. Nyatanya, kedua perusahaan tersebut adalah cabang dari perusahaan X.

Tujuan Diversifikasi Perusahaan

Sumber: Thidiweb

Setelah membahas pengertian dari diversifikasi, berikutnya akan dibahas tentang beberapa alasan yang melatarbelakangi adanya diversifikasi. Berikut ini beberapa tujuan dari diversifikasi:

1. Meningkatkan Perolehan Laba

Sumber: Rangkul Teman

Tujuan utama diversifikasi adalah meningkatkan perolehan keuntungan atau laba. Dengan diproduksinya beberapa produk sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Dengan begitu, perusahaan berpotensi meningkatkan lebih banyak penjualan. Serta, diversifikasi juga berguna untuk mengurangi resiko kerugian yang dialami perusahaan, jika salah sati produknya tidak laku.

2. Memperluas Market Share

Sumber: Inbizia

Tujuan berikutnya dari diversifikasi adalah untuk memperluas market share. Atau bisa disebut juga dengan istilah pangsa pasar. Bagi sebuah perusahaan, pangsa pasar merupakan komponen penting yang bisa menentukan kesuksesan bisnis, khususnya jika perusahaan tersebut mempunyai banyak kompetitor.
Diversifikasi produk membuat konsumen mempunyai lebih banyak pilihan produk yang ingin dibelinya. Meski begitu, tiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen tetap memberikan kontribusi dalam mengisi persentase market share dari perusahaan yang sama.

3. Mencegah Kebosanan Masyarakat atas Suatu Produk

Sumber: Harmony Accounting

Diversifikasi produk juga bertujuan untuk mencegah masyarakat mengalami kebosanan atas salah satu produk. Di dunia manufaktur, ada istilah yang disebut sebagai “product life cycle”, yang dimaksud dari istilah tersebut adalah siklus hidup produk sejak pertama kali dirilis hingga mengalami yang namanya penurunan penjualan.

Dengan menerapkan diversifikasi produk, Anda bisa menghindarkan perusahaan dari yang namanya penurunan profit saat siklus produk mencapai puncak atau maturity. Sebab, jika produk yang pertama sudah tidak laku lagi di pasaran, masih ada produk lain yang dibeli dan dikenal masyarakat.

4. Personalisasi Produk Sesuai Karakteristik Target Pasar

Sumber: Portofolio

Sebagai seorang pebisnis, ada baiknya Anda mengetahui bahwa tiap produk mempunyai target pasar dengan persona yang berbeda-beda. Dengan hadirnya diversifikasi, Anda bisa menciptakan berbagai produk baru dengan sifat terpersonalisasi serta menyesuaikan karakter dari target pasarnya.

5. Membantu Mengalahkan Kompetitor

Sumber: Zahir ERP

Tujuan terakhir dari diversifikasi produk adalah membantu perusahaan untuk mengalahkan kompetitornya. Kombinasi antara market share yang bagus, inovasi dan juga personalisasi produk akan membuat bisnis Anda jauh lebih mudah untuk lebih unggul dibandingkan kompetitor Anda.

Sebagai contoh, jika Anda membuat lima diversifikasi produk dengan masing-masing market share 5 persen, 12 persen, 3 persen, 7 persen dan 15 persen. Sementara kompetitor Nada hanya mempunyai satu produk yang market sharenya 35 persen. Meski market share tiap produk Anda terlihat kecil, namun total kelima market share produk tersebut mencapai 42 persen. Dengan begitu, perusahaan Anda jauh lebih unggul dari kompetitor yang mempunyai satu produk saja.

Nah itu dia pembahasan mengenai pengertian dari diversifikasi produk dan alasan yang melatarbelakangi terbentuknya diversifikasi produk, yang tidak lain untuk meningkatkan keuntungan dari perusahaan tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in