Langsung ke konten utama

Sumber Gaji Youtuber dan Cara Menghitungnya

Sumber Gaji Youtuber dan Cara Menghitungnya, Simak di Sini!

Sumber: Brilio.net

Ternyata tidak hanya dari iklan saja, ada banyak sumber penghasilan yang bisa didapatkan dari Youtube. Seperti affiliate marketing, endorse, menjual produk, jasa, dan lain sebagainya.

Youtube yang dimiliki akan menjadi media untuk mempromosikan banyak hal. Mulai dari produk, skill, dan lain sebagainya. Jika bisa memanfaatkan hal itu, pastinya akan mendapatkan banyak lagi penghasilan selain dari banyaknya penonton video.

Nah, apa saja sumber penghasilan dari Youtube ini?

Youtube Ads

Sumber: Youtube

Penghasilan utama dari Youtube ini berasal dari iklan. Iklan ini ditampilkan dalam video dalam beberapa bagian. Bisa di awal video, tengah, maupun belakang. 

Iklan-iklan yang muncul ini berasal dari perusahaan yang melakukan promosi melalui Youtube. Semakin besar jumlah viewers atau penonton, semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan. Tambahan penghasilan bisa didapatkan ketika ada viewers yang mengklik iklan tersebut.

Baca juga: Harga Emas Dunia Anjlok, Namun Harga Antam Masih Aman

Affiliate Marketing

Sumber: Youtube

Bentuk dari penghasilan ini berupa tawaran dari perusahaan tertentu untuk mempromosikan produk di dalam video. Promosi tersebut biasanya diletakkan di dalam video, dan ketika diklik bisa langsung masuk ke dalam promosi perusahaan tersebut.

Kerjasama tersebut memberikan banyak keuntungan bagi Youtuber secara langsung. Karena Youtuber akan mendapatkan fee dari affiliate marketing ini.

Jualan Produk atau Jasa Melalui Youtube

Sumber: Sellfy Blog

Siapapun bisa menawarkan produk atau jasa melalui video Youtube ini. Lewat video Anda bisa menawarkan beragam produk maupun jasa dengan lebih mudah dan lebih kreatif, sehingga membuat banyak orang akan tertarik dengan cara penjualan tersebut.

Produk yang dijual bisa dari produk buatan sendiri, maupun produk orang lain. Semakin besar kuantitas penjualan pastinya semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan.

Tidak menutup kemungkinan, bagi Anda yang punya produk sendiri, akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Karena itu, metode pemasaran melalui Youtube ini sangat efektif dan menghabiskan dana yang sangat minim.

Salah satu Youtuber yang memanfaatkan metode ini adalah Atta Halilintar. Melalui channel Youtube yang dimilikinya, dia menjual produk-produk fashion buatan sendiri.

Dari Endorsement 

Sumber: MyValue

Endorsement ini akan didapatkan oleh perusahaan kecil maupun besar, jika jumlah subscriber yang dimiliki semakin besar. Tawaran enodrsement ini biasanya disesuaikan dengan tarif yang dari seorang Youtuber. Semakin populer seseorang, semakin besar pula tarif yang bisa dikenakan.

Bahkan, untuk Youtuber dengan subscriber beberapa ribu, sudah bisa mematok biaya sebesar Rp 1,5 juta. Besaran tarif enodrsement tersebut akan semakin besar seiring dengan semakin banyaknya viewers. Apalagi dengan para Youtuber yang memiliki subscriber jutaan, pastinya tarif yang dikenakannya juga akan sangat besar.

Cara Menghitung Penghasilan Youtuber

Sumber: Ruangmenyala

Dari setiap sumber penghasilan yang telah disebutkan sebelumnya, masing-masing memiliki tarifnya masing-masing. Bentuk kerjasama dengan perusahaan seperti affiliate marketing dan enodrsement tergantung dari jumlah viewersnya. Untuk jualan produk tentunya disesuaikan dengan jumlah produk yang dijual.

Sedangkan untuk Youtube Ads juga disesuaikan dengan jumlah viewers dan banyaknya orang yang mengklik iklan tersebut. Untuk iklan yang ditonton, besaran penghasilan yang bisa didapatkan oleh Youtuber adalah sebesar 55 persen dari tarif yang diberikan oleh iklan. Tarif yang diberikan adalah sebesar Rp 7 ribu untuk setiap seribu viewers.

Sedangkan untuk cost per click (CPC), harganya mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu. Semakin besar jumlah klik, pastinya semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan.

Itulah sumber penghasilan dan cara menghitung gaji dari seorang Youtuber. Pada prinsipnya gaji seorang Youtuber akan sangat besar jika berhasil memaksimalkan sumber pendapatan seperti yang telah disebutkan. Jadi, tertarik untuk jadi seorang Youtuber?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tutorial Hijab Segi Empat Paling Hits Untuk Pesta Pernikahan

BlogKokom.com -  Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa tren fashion hijab saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada banyak sekali berbagai jenis hijab terbaru dipasaran,  yang salah satunya adalah hijab segi empat.  Jilbab segi empat tersebut bisa dikenakan oleh banyak gaya tampilan berpakaian. Mulai dari tampilan kasual hinggal untuk tampilan acara formal seperti pernikahan. Nah, tanpa banyak panjang lebar lagi, kali ini kami akan memberikan  10 tutorial hijab segi empat untuk pesta pernikahan. Yuk disimak! Tutorial 1 Pertama letakkan jilbab di atas kepala tanpa di lipat, posisikan sisi jilbab dengan pendek di salah satu sisi, bagian sebelah kiri mempunyai ukuran yang pendek, tarik sisi jilbab kebelakang dan ikat di belakang dengan posisi menyilang. A nda harus ambil sisi jilbab yang telah di ikatkan dan pada posisi jilbab yang lebih panjang letakkan di sisi kiri, rapikan sisi jilbab di sebelah pipi dan sematkan jarum pentul di kedua sisi, sematkan jarum pentul di a

Inilah 10 Kata Bijak Terbaru yang Inspiratif dari Pendiri Perusahaan

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan didalam dirinya untuk bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berada dibawah pimpinan atau telunjuk orang lain. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri karena berbagai keuntungan yang bisa didapatkan seperti tidak akan terikat waktu dan penghasilan yang tidak terbatas.  Jika sekarang ini kamu sedang menjalani sebuah usaha atau mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru maka sangat diperlukannya motivasi yang akan dapat memacu supaya usaha maju.  Keberhasilan suatu bisnis sangat ditentukan dari cara berpikir kita seperti mendapatkan ide usaha dan memikirkan proses apa yang akan digunakan didalam peluncuran sebuah produk. Karena setiap orang pastinya menginginkan usaha bisnis yang sedang dijalani atau yang sedang direncanakan nantinya akan meraih kesuksesan. Baca Juga: 10 Kata-Kata Bijak ini Jadi Mantra untuk Lebih Bahagia Jalani Hidup Kita bisa mendapat motivasi dari kata- kata

Beberapa Lokasi Wisata Religi Banten Yang Perlu Dikunjungi

Pulau Jawa memiliki daerah-daerah dengan banyak destinasi wisata termasuk wisata religi, salah satunya yaitu Banten dengan cukup banyak objek wisata religi. Provinsi Banten memang dikenal merupakan kawasan yang kental nilai-nilai Islam dan banyak berita banten membahasnya. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi Banten yang dapat kamu kunjungi. Masjid Tanara Agung Ada salah satunya yaitu Masjid Tanara Agung yang merupakan masjid Banten tertua. Masjid Tanara dapat menjadi tujuan wisata religi. Ada pun Masjid Tanara Agung tersebut yang merupakan peninggalan dari Sultan Hasanuddin Maulana yaitu raja pertama Banten. Di samping itu, ada pun jejak dakwah agama Islam Banten yang awalnya dari Masjid Tanara Agung klasik ini. Lokasinya di Kampung Tanara, Kabupaten Serang.  Masjid Banten Agung Ada juga Masjid Banten Agung yang menjadi cagar budaya di Banten yang sangat populer. Ada banyak wisatawan ingin tahu seluk beluk dari masjid yang bersejarah ini. Selain itu, Masjid di Banten satu in